baby

Monday, October 01, 2007

kiefe butuh diaper training?

kiefe itu sejak umur sebulan lebih, tiap kali lagi tidur dan tiba2 kepingin pipis udah resah2 duluan..
dulu sih waktu umur sebulan lebih ga ada cara laen buat kiefe berkomunikasi kecuali nangis, jd kalo lagi tidur trus mo pipis tuh tiba2 dia nangis2 kenceng gitu...
awalnya sih gue ga 'ngeh', begitu gue perhatiin ternyata emang gara2 mo pipis itu, soalnya abis nangis2, trus diem, trus pipis deh...

BS-nya kiefe sih dulu bilang itu karena pipisnya sakit, tapi gue bilang sih ngga, cuma karena dia berasa ga nyaman krn ada dorongan mo pipis, soalnya pas pipisnya sendiri malah diem tuh, ga nangis, jd nangisnya itu sebelomnya...dan itupun ga selalu, kadang2 tau2 udah ngompol tanpa ada nangis2nya juga sih...
kalo kata cici gue dulu ponakan gue yg co, beberapa hari setelah disunat tiap kali pipis pasti nangis teriak2, nangisnya ya pas pipisnya keluar, krn sakit...kalo kiefe kan nangisnya sebelomnya...
jd menurut gue kalo kasusnya kiefe mah bukan karena pipisnya sakit, tapi karena dia berasa ga nyaman dan bete, lagi enak2 tidur tau2 diganggu :), nah kalo pas kiefe lagi cape dan ngantuk banget, kadang ga pake resah2/nangis2 langsung aja dia pipis *dengan kata laen: ngompol*

pas kiefe masih sebulanan gitu sih gue bingung musti diapain nih anak kalo pas lagi resah2 mo pipis gitu..mo ditatur juga susah memposisikan dianya, jd cuma gue bilangin suruh pipis, mo pipis ya pipis aja gitu looo, napa pake marah2 dulu sih :p
biasanya sih dia ga mo langsung diem, jd akhirnya biasanya gue susuin dulu (dulu masih full ASI), jd sambil nyusu sambil pipis dehhh..kadang2 sih gue singkapin celananya supaya pipisnya keluar, ga basahin celananya kiefe dan celananya gue :p
begitu udah umur 3bln-an udah lebih enak, bisa digendong duduk ngadep depan, jd pipisnya sambil dipangku duduk...

o ya, dulu gue sempet tanya ke dokternya kiefe, kalo baby masih terlalu kecil gini nahan2 pipis kenapa2 ga ya?
soalnya kiefe itu kalo lagi bete2 mo pipis, biasanya kan nangis2, cuma kadang nangisnya berenti trus dia tidur lagi (ga langsung pipis), nah tar begitu udah ga tahan banget baru dia bangun lagi nangis2 lagi, berarti kan dia nahan2 pipis dong??
tapi dokternya ga percaya, dia bilang baby mah ga bisa nahan2 pipis, dan berhubung gue waktu itu jg ga terlalu yakin sama teori gue bahwa kiefe kebangun nangis2 karena mo pipis, jd gue terima2 aja deh omongan si dokter...

tapi makin lama gue makin yakin kalo kiefe lagi tidur dan tiba2 nangis, itu karena dia mo pipis...
contohnya semalem nih...
udah beberapa hari ini kiefe tidur siangnya dikit banget, biasanya abis mandi sore dia masih tidur lagi 1x, sekitar 1/2 atau 1 jam gitu, nah udah beberapa hari ini dari tidur siang yg kedua dia ga tidur2 lagi sampe jamnya tidur malem (jam 7.30an), tidur siangnya jg relatif lebih singkat, lagi hobby banget maen deh kiefe skrg...

akibatnya tadi malem beberapa kali dia kebangun sambil nangis2...
dimulai dari jam 23an gitu...kiefe yg lagi tidur tau2 nangis2...
begitu gue gendong, nangisnya sih agak mereda tapi matanya masih merem, males bangun dia...jd gue pikir emang bukan gara2 dia mo pipis, gue taro lagi deh tuh anak di boxnya, begitu ditaro, 5 menit kemudian nangis2 lagi, wadoh wadohhh...
sampe beberapa kali begitu, akhirnya gue ajak tidur di ranjang gue, kirain krn dia minta ditemenin tidurnya, eh eh sama juga...
baru deh gue pikir ini kayanya cuma gara2 dia mo pipis...

agak telat ya menyadarinya? hihihi..
soalnya sejak umur 3bln-an, kiefe kalo tengah malem mo pipis ya resah2 trus kebangun aja, ga pake nangis2 lagi, jd begitu kebangun langsung gue ajak ke toilet, pipis, trus tidur lagi, kan beresss...
nah kalo ini mah udah pake nangis, trus masih merem pula, susah donggg...kalo dia masih merem gitu mana mao dia diajak pipis...
jd gue bangunin deh si boy itu, gue ajak ngobrol boneka2 maenannya, trus gue tunjuk2 bola-nya...ternyata berhasil, begitu buka mata ngeliat bola langsung dia senyum2..jd sambil sesenggukan sisa nangisnya sambil senyum2, hihihi...
begitu dia udah bangun baru deh diajak ke wc, pipis...trus selesai pipis udah lega banget kayanya, jd gue taro di boxnya, kiefe maen2 sama boneka2nya bentar trus ketiduran lagi...

jam 1/2 5 terulang lagi kejadian yg sama, haduh haduuhhh...
kalo tiap malem kaya gini mah kacao juga...bisa2 tiap hari ketiduran gue di kantor....kalo kiefe-nya sih kurang tidur jg siang2 masih bisa ditebus :p

gue sampe mikir2, mungkin pakein anak diaper kalo malem ga ada salahnya jg kali yaa, terutama kalo mommynya wanita pekerja yg butuh istirahat cukup di malam hari :p
eh tapi sebenernya semalem itu pas pertama kali nangis2 kiefe masih pake diaper loh, soalnya malemnya itu baru abis diajak pegi dan diapernya blom ada isinya, jd sengaja ga dilepas dulu, sekalian dipake overnight...
tapi kiefe blom mengerti konsep bahwa kalo pake diaper itu boleh pipis tanpa kebasahan kali ya, jd mo pake diaper ataupun ngga ya tetep aja percuma juga, tetep aja dia akan kebangun kalo mo pipis, haiyaaahhh...
akhirnya semalem pas kiefe kebangun sambil nangis2 gitu diapernya dilepas sekalian sama dad-nya, masih bersih tuh, ga ada pipisnya...

on the other side, secara positifnya gue menganggap ini suatu blessing, kiefe tanpa di-toilet training jg udah bisa pipis teratur dan udah jarang2 ngompol...
jd ya sud lah, nikmati saja hari2 dimana kiefe kurang tidur siang dan bete di tengah malem, mudah2an ga berlarut2 ke hari2 berikut :p

o ya, kalo soal poop, sejak di singapore sih udah gue tatur juga, mulai hari ke-2 di singapore tiap pagi gue ajak ke toilet, dudukin di kloset duduk, trus pup deh dia...
cuma sejak balik ke rumah sih ga seteratur itu, paling2 kalo udah ngeliat dia lagi maen2 dan tau2 marah2 ga jelas gue mengasumsikan dia mo pup, perutnya ga enak makanya marah2, jd diajak ke toilet, kalo emang lagi mo pup ya pup deh dia, kalo ga ya nyambung lagi marah2nya di toilet, hehehe...

No comments: