baby

Friday, May 30, 2008

UHT - pros and cons

sbnrnya memutuskan makanan dan minuman yang terbaik buat anak itu gampang2 susah ya :p
skrg ini walopun kiefe minumnya UHT, bukan berarti gua ga ada keraguan sama sekali sih soal pilihan gua ini.

emang sih dari kiefe masih 8 bulanan gitu jg gua dah denger kalo skrg itu trend-nya beralih dari susu formula (sufor) ke susu cair (entah itu UHT atau pasteurized milk), dengan didukung oleh bbrp artikel2 mengenai ini, tapi tetep aja sebagai seorang yg skeptis gua sempet meragukan keabsahannya (apalagi ditambah dengan hubby yg jg skeptis, hihihi).

inilah susahnya mo jadi konsumen pintar, jd gampang curigaan bawaannya, hihihi..
mo jadi konsumen bodoh (asal percaya aja) jg ga enak, gampang dibodoh2in produsen :p

supporting facts about UHT:

- susu yg sudah menjadi bubuk sudah melalui banyak sekali proses sehingga gizinya sudah berkurang jd akhirnya dikasih zat2 kimia/buatan tambahan untuk menutupi kehilangan gizi itu.
UHT berasal dari susu sapi murni yg diproses dengan teknologi sehingga gizinya tidak banyak hilang dan tidak butuh pengawet juga.

errr...sampe skrg kalo orang2 tua (atau orang2 yg berpandangan tua, hihihi) pasti masih bertanya2, apa emang bener UHT itu ga pake pengawet sama sekali?
salah satu contohnya ya BS gue.
contoh laennya ya ama-nya wen :D *sampe ke ama-nya wen jg gua bawa2 ke blog gue nih bu, hahaha*.

soalnya produsen di Indonesia ini kan suka macem2 :p, ajaib2 deh pokonya, pake bahan yg aneh2 gitu.
trus soal gizi, sampe skrg masih banyak yg berpendapat gizinya sufor masih lebih tinggi dibanding UHT krn sufor kan jelas2 buat batita.

- di negara2 maju ga pernah ada yg disarankan minum sufor, coba aja kalo nonton tv, mana ada adegan orang lagi nuang susu bubuk trus ditambah air dan diaduk2, hihihi..yg ada mah buka kulkas, tuang susu dari kotak ke gelas.
ini diperkuat jg dengan sharing dari mommynya Matthew yg bermukim di Jerman.

errr...itu kan di luar negeri yg notabene produsennya ga seaneh2 bin ajaib seperti yg gue bilang diatas :D

- sufor itu berkembang di Indonesia krn dari dulu orang2 kita udah dicekokin sama prinsip bahwa sufor itu paling bagus, liat aja harganya yg mahal itu, kan katanya harga ga bisa boong (ada harga ada kualitas). Dan juga sufor berkembang krn banyak DSA yg nyaranin minum sufor, nah itu katanya cuma diakibatkan krn mereka kan kerjasama ama produsen sufornya, jd itu hanyalah bagian dari kampanye dari produsen sufor aja.

errr...kalo UHT sampe bisa berkembang kaya sekarang, justru gua beralih curiga bahwa ini kampanyenya produsen UHT dong :p, darimana bisa yakin kalo semua artikel2 itu berasal dari source independent yg ga punya kepentingan apa2?

tapiii, dibalik semua keraguan itu, gua masih percaya sih sama artikel2 yg beredar, sama sharing2 dari ibu2 sekalian, makanya gua pilih kasih kiefe UHT aja.

selaen itu jg karena UHTnya plain, ga pake gula2, jd lebih aman buat giginya (yg cuma bbrp buah itu, hahaha).
dan yg paling penting, sejak kiefe minum UHT kan asupan susunya jadi lebih banyak (skrg sekali minum rata2 150-200ml), jd gue lebih seneng aja :D

kalo soal selera makan sih masih ga terlalu keliatan banget yah, soalnya ga sampe berubah drastis banget, tapi ya lumayan lah, kalo liat sarapannya dah ready bisa minta gua ambil dan suapin ke dia, dan untuk lunch/dinner setidaknya suapan2 pertama masih ada semangat, walopun ga sampe kelar, hihihi..

jd untuk skrg, gua mantep lah pilih UHT, sambil tetep direview dong tentunya apakah emang dengan UHT tau2 kondisi stamina kiefe malah drop misalnya, jd sering sakit, dll :D

any thoughts/sharing, moms? please share :), thanks.

ps: sampe skrg kayanya emak dan engkongnya kiefe blom tau kalo kiefe minum UHT, kalo tau entahlah apa komentarnya, hehehe...

16 comments:

Anonymous said...

hahaha emang anak pertama itu proses trial n error yak...

Surti said...

tp emang bener lho fer, disini jg gak pernah ada iklan sufor sama sekali, kalo di indo kan kayanya gencar banget..baru perhatiin belakangan krn sempet diskusi ama temen :), ntar kalo dah punya anak beneran ditanyain deh ke dokternya, dokter sini kayanya lebih bisa di percaya hihih

MarvelLicia corner said...

tapi kita tetep harus hati2. gue selama ini kalo kasi uht ke marv selalu gue cobain dulu apakah rasanya aneh ato ga.. soalnya tempo hari ada kasus tuh di SD mana, ada pembagian susu UHT gratis, eh anak2nya malah keracunan... amit2 deh ya..*tok tok tok..*

Great Miracle "Vanessa" said...

Hehehe gue sebenarnya juga agak ragu lho, soalnya di Surabaya ini, teman2 dan keluarga gue nggak ada yang anaknya dikasih UHT, jadi ketemu orang-orang gue mesti nerangin ke mereka kenapa kok dikasih UHT. Tapi sejauh ini gue lihat Sasa fine-fine aja kok minum UHT jadi ya lanjut aja, lagian lebih murah hahaha *dasar pelit* Btw di c4 lagi discount lho. Kemarin borong banyak, stock untuk 2 bulan.

Ellyse said...

kl mo yg ga ada pengawet ya plihara sapi aja kali ye..hehe...mertoku siy ga blg2 lg soal itu,mgkn liat muka gua jd gelap kl ngomong soal itu ;p
hubby jg ga setuju siy,ktnya ada pewarna n pengawet.ktnya ga usa hemat utk susu,tp gua siy lebi prefer ke 'ga repotnya'.kl kucrit terang aja mik lebi byk karna uht kan ga eneg kaya sufor,jd bisa masuk agak byk.HIDUP UHT!! hihi...*tp gua tetep campur sufor kl bkn lg jj

Shop and Rent said...

leli: hihih, ya gitu deh :))

surti: lah kalopun dokter situ bilang emang bagusan susu cair, tapi produsen sinih kan susah dipercaya surrrr...

berarti musti beli susu cair import yah, hehehe..

ariany: ooo, mgkn krn udah exp kali ya?
gue sih cobain cuma kalo dah masuk kulkas aja, biar tau masih ok (blom basi), hehehe..
ga doyan susu plain, yaiikkss..

mommynya sasa: minggu kmrn gue 'cuma' beli 24 kotak, kmrn balik lg ke c4 dibatesin max 3 kotak, huaaaaa...nyesel dehhhh..

apple: gue sih dah ga mo campur lg krn kalo dicampur kan pasti masih ada manis2nya dikit, takutnya kiefe besok2 ga mo lg yg plain, kmrn aja ngabisin sisa 1/3 kaleng itu sambil deg2an, hahahah...

soalnya gue ga doyan susu plain bu, jd gue takjub jg anak gue bisa doyan, hahaha...

kalo ga biasa dari kecil kayanya susah biasain pas udah agak gede nanti.

Anonymous said...

Gw juga skg lagi bingung...
jadi jalan dua-duanya, UHT + Soya

Shop and Rent said...

mamana clo: hehehe, berarti emang gue banyak temen bingungnya ya, hihihi..

gue ga berani bu jalanin 2-2-nya gitu, soalnya kiefe kan termasuk picky, takutnya lbh seneng yg manis2, tar ngebiasain ke plain-nya lg susah.

lagian ribet jg yah, 1 kaleng gitu abisnya jd lamaaaa banget deh (ga bagus jg kan sbnrnya kebuka kelamaan)

MarvelLicia corner said...

kalo dicampurnya dikit banget gak kerasa kok bu fer... soalnya susu plain itu ada rasa manisnya light banget... *secara gue penggemar susu heehhehe*
Sampe skarang sih marv masi cmapur aja.. abis stocknya masi ada 5 kaleng.. :D
pakenya kalo pas malem hari aja, kalo buka UHT sambil ngantuk2 soalnya bisa nyeprot ksana kmari. hahaha.. mendingan pake formula tinggal masukin container susu campur ya udah.. ;)

eniwei.. ada yang tau ga susu UHT kalo dibuka (dimasukin botol) tahan berapa lama ya di udara luar? kalo susu formula kan paling 2 jam?

Shop and Rent said...

ariany: iya yah, tergantung campurannya, hahaha..

gue kmrn campur 30ml sufor + UHT plain 90ml, gue cobain masih manis tuh, tapi emang udah bau UHT plain banget.

emang iya ya, gue jg kmrn dulu kalo beli susu pake stock banyak2, soalnya naek2 mulu bow harganya.

sufor itu lbh dari 2 jam jg sebenernya ga basi kan? (ga asem gitu maksudnya).

kalo UHT katanya sih 5-6 jam, tergantung kondisi lingkungannya jg.

gue sih yg penting cobain aja dulu susu yg udah didiemin sblm dikasiin ke kiefe, kalo udah basi kan gampang dikenalin, rasanya dah asem dan udah menggumpal2 gitu.

mamana felice said...

karna Felice anaknya gampangan *apa juga mau maksudnya hehehe...*, jadi gua masih kasih 2-2nya.

kalo siang kasih UHT pake sedotan, kalo malem mau bobo kasih sufor sambil ngenyot dot.

tapi.. Felice gak suka yang plain. dia suka yang madu. madu lagi langka nih. gua cobain lagi kasih plain, tetep gak mau bo. diminum sih, cuman gak habis. gau suruh habisin, dia malah geleng2 mulu kayak orang tripping hehehe...
makanya lagi pusing nih cari ultra madu.

Shop and Rent said...

mamana felice: emang susah cari ultra madu, gue dulu jg pas mo cobain ke kiefe susah bener nyarinya.

merk laen ga ada rasa madu ya?

plain-nya campurin aja ke nutrilon royal 3 madunya bu, pake komposisi gitu, tapi ga tau deh rasanya jd aneh gak, hahahah..

kalo doyan yg plain tuh hidup lbh praktis, gampang dicari, bisa ganti2 merek *kmrn gua baru cobain yg greenfield jg*

Anonymous said...

Kata cc ipar yang di Australia, dokternya bilang enggak masalah sih sufor ato UHT. Kalo anaknya makannya ga masalah *gizi terpenuhi* ya UHT cukup. Tapi kalo makannya trouble ya mending sufor karena ada tambahan vit-nya.

Susu sapi yang asli dari sapi juga dangerous kalo sapinya tu makan rumput beracun wehehehe...

Shop and Rent said...

jc: ooo...gitu yah..
jd pada intinya vit di sufor masih lbh banyak dong ya?

kmrn sempet kepikir jg sih masalah ini, krn kalo dibilang kiefe makannya gampang jg kan ngga.

tapi pikir2 lg, dengan minum UHT asupan susunya lbh banyak dan cenderung lebih cepet laper jd makannya agak (sedikiiiiittt) lebih mau, jd ya sud lah, hihihi...

Anonymous said...

nah ini juga yg bakalan bikin gw bingung entar...tp mungkin gw liat rodnya gemana scr sufor aja susa minumnya sapa tau UHT dia mau :). kalo mau sih sudah lah UHT saja dr pd kaga ada asupan susu

Shop and Rent said...

lily: hihihi, iya ya, elo mah tar cobain aja kasih UHT plain, kali2 rod emang maunya yg tawar2 gitu, heheheh...