baby

Monday, July 30, 2007

working mom vs full time mom

baru abis nonton oprah nih...
topiknya soal working mom versus full time mom...

ada 1 full time mom yg menyatakan jelas2 ketidaksetujuannya akan pilihan working mom yg tetep kerja setelah melahirkan, hmm...pendapat dan komentar2nya agak terlalu berlebihan dan akhirnya bikin working mom dengan sedikit esmosi menyampaikan argumennya.
menurut gue pribadi emang si full time mom itu agak keterlaluan dan terlalu terkesan menghakimi pilihan working mom.

dilema working mom dan full time mom gue rasa wajar banget dan umum banget, dan pada akhirnya setiap orang punya prinsip dan pilihan sendiri2...
dan menurut gue ga bagus lah menghakimi pilihan orang laen, bukan cuma working mom loh, gue rasa full time mom jg sering merasa terhakimi karena kadang orang yg ga ngerasain sendiri mikir jd full time mom itu kerjaan gampang dan enteng, pdhal ngga gitu deh...

trus kenapa dong gue milih jadi working mom?
hmm...sebenernya gue ga terlalu punya pilihan jg sih, hehehe..
soalnya hidup semakin keras bung :p, kalo di keluarga cuma 1 orang yg kerja kayanya bakal lebih berat deh, skrg udah 2 orang kerja aja jg ga bisa dibilang berlebih2, masih kurang aja bawaannya, kurangnya dikit doang sih, kurang duit buat ngelunasin cicilan rumah dan kurang duit buat beli mobil sendiri, hehehehe...
blom lagi kalo mikirin berapa banyak uang yg dibutuhkan kalo kiefe udah waktunya sekolah, wah wahh...

dan lagipula...sejujurnya, gue kadang mikir kalopun gua punya pilihan itu, betah ga ya gue dirumah aja :p
walopun kalo melihat background gue yg dari dulu emang orang rumahan, betah diem di rumah asal ada buku/tv/radio, mungkin gue masih bisa dianggap cocok lah jd full time mom.
cumaaaa...sejujurnya lagi, kalo boleh milih, gue pilih 2-2-nya, kerja sekaligus ngurus anak :), soalnya walopun gue ga termasuk orang yg ambisius, tapi ada sebagian kecil dari diri gue yg pingin jd wanita karier yg sukses...
makanya dulu2 waktu baru merit dan ditanya "udah hamil blom? kapan rencana punya anak?"
biasanya gue ngomong gue emang tunda dulu punya anak, dan gue ga pernah bilang gue mo nunggu gue bisa berenti kerja dan di rumah aja, tapi biasanya yg gue bilang adalah gue mo tunggu gue jd manager dulu, punya anak2 buah yg bisa diandelin...soalnya dalam bayangan gue kerja sbg manager tuh agak lebih stabil dibanding programmer yg jam kerjanya ga tentu.

jd gue rasa emang dari dulu gue ga berangan2 bisa jadi full time mom, dulu waktu kecil sih mungkin iya ya, seneng maen rumah2an, hehehe..tapi setelah dewasa, gue selalu ngebayangin gue jd wanita pekerja, ga selalu jd wanita kantoran gitu sih, dari masih kecil dulu gue udah pernah mikir dan bercita2 pingin jd guru TK *hobby gue yg laen selaen maen rumah2an adalah maen sekolah2an :))*, sampe skrg jg masih pengen sih, cuma blom ada kesempatan aja :D

tapi keinginan gue jd wanita karier jg diimbangi dengan keinginan gue jd mom yg baik.
makanya kalo ada waktu pulang on time ya gue pulang on time, dengan harapan sampe rumah kiefe blom keburu bobo...
dan tiap weekend gue berupaya supaya gue yg full urus kiefe, walopun soal ini agak2 susah krn BS-nya kiefe ribet deh, jd suka rebutan :p, makanya seringnya sabtu-minggu gue dan hubby bawa kiefe jalan2, selaen supaya kiefe dapet pemandangan baru dan ga bosen, jg supaya kami punya waktu ber-3 aja.
dan makanya jg kiefe dari lahir sampe skrg bobonya sama gue, bangun tengah malem minta susu ya gue jg yg bikinin susunya dan ngasih dia minum.
temen gue pernah bilang sih "lah rugi amat, orang kita udah bayar baby sitter mahal2, biarin aja dia yg disuruh bangun tengah malem"
tapi gue ga mau...
prinsip gue, baby sitter itu gue hire karena gue ga bisa 24jam sama kiefe, dan ga ada keluarga deket yg bisa dititipin...jd pd saat gue ada di rumah sebenernya gue ga butuh baby sitter...
gue malah ga keberatan tuh kalo tiap weekend dia ambil cuti *tapi berarti gajinya dikurangin ya sus, hehehe*
malahan skrg gue sama hubby lega rasanya kalo pas weekend BS gue cuti *sebulan sekali doang sih*, berarti ga ada yg gangguin dan ribet2 sampe akhirnya musti rebutan kiefe, hahaha...

soal urusan pegi2 jg gitu, kadang cici2 gue atau temen2 gue bingung kalo tau gue kalo kemana2 cuma ber-3, ga ngajak BS..."ga repot?"
ya ga lahhh, namanya anak sendiri, biar repot jg harus dijalanin, gue jg ga seneng lah tergantung ama BS.
pernah sih sekali gue ajak BS dan pembantu gue jalan2 ke ITC BSD, waktu itu mo sekalian beliin baju buat mereka, lagian kadang mikir kasian jg sih mereka ga pernah jalan2...
tapi malahan ribet bo...pertama ribet lagi2 krn harus rebutan kiefe, udah gitu pas belanja jg jadi lama amat deh, disuruh milih sabun dan shampoo aja lama, mendingan gue yg beliin dan mereka terima beres aja, ih kapok dahhhh...

jd pada intinya, gue berusaha sebisa mungkin menjaga keseimbangan antara kerjaan dan keluarga *terutama waktu buat kiefe*
tapi seberapa gigihnya pun gue berusaha, tetep aja kadang sisi sensitif gue merasa terhakimi waktu ada yg nanya
"kiefe di rumah sama sapa?"
"baby sitter"
"ada mertua/ortu elo?"
"ga lah, ortu gue udah ga ada, mertua gue jauh"
"oooo..kasian yah..."

"kalo pulang kerja sering malem2 ya? kasian dong yah si kiefe"

yah, mungkin mereka ngomong gitu ga berniat menghakimi, tapi namanya jg sisi sensitif, kesenggol dikit berasa deh :p, mo ga mao dengan kalimat2 seperti itu gue jd merasa gue bersalah, gara2 gue kiefe jd pantas dikasihanin.

tapi gue jg emang kadang merasa mungkin emang gue tuh kadang terkesan cuek dan ga merhatiin anak sampe kerja aja pulang malem2 mulu...
yah, prinsip gue kalo emang lagi melakukan sesuatu musti sepenuh hati, kalo lagi di kantor ya sepenuh hati kerja, gue ga terlalu bisa megang prinsip "beres ga beres tuh kerjaan yg penting jam 5 pulang", ga bisa aja kayanya *kecuali lagi males :D*
lah wong sakit aja jg kadang2 gue berasa ga sempet sih :p, dari jamannya dulu pas pertama kali kerja, sering banget gue ga sempet tuh ijin sakit 1hr *kecuali lagi males :D* soalnya gue mikirin hari itu gue musti ngerjain ini itu.

nah kalo weekend laen lg acaranya, tiap weekend kerjaan gue adalah ngurus anak, jd gue jalanin dengan sepenuh hati jg, yg ini sih enteng banget ngejalaninnya dengan anak yg lucu begitu sih, hehehe...

jd gue mao 2-2-nya bisa tetep jalan, dan bisa jalan dengan sukses...
terlalu egois dan maksain diri ya kedengerannya, hehehe :p
kadang gue mikir jg sih, gue tuh lebih banyak waktu kebuang buat kerja daripada buat anak *la iya lah, 5 hari vs 2 hari*, mungkin harusnya gue cocoknya ikut ke group mommy2 yg akhirnya merelakan urusan anaknya sepenuhnya jd urusan BS, urusan makannya, tidurnya, dan gue cuma nyediain waktu buat maen dan ngajak jalan2 bareng aja kalo weekend.
tapi gue ga bisa, ga relllaaaaa deeeehhhh....

oh well, gue berdoa aja supaya 2-2-nya bisa berjalan seiring dengan harmonis :p, dan 2-2-nya bisa sukses, dannnn yg paling penting: ga malah jd berantakan 2-2-nya, hehehe...

9 comments:

mamana felice said...

betul, bu...
jadi full time mom juga gak luput dari lirikan dan kata-kata merendahkan dari orang lain. kalo udah denger omongan miring gitu, gua kepengen kerja kantoran lagi deh...
*sigh*

Shop and Rent said...

mamana felice: emang kadang orang suka reseee deeehh...
mungkin sebetulnya mereka sirik kalii loe punya banyak waktu sama felice..
cuekin azaa lagi...

MarvelLicia corner said...

gw rasa sih.. jadi ibu RT bagus jg kok.. gw sih pengennya jadi ibu RT... (setelah be-2an ama marv terus 3 bln ini) tapi berhub kebutuhan hidup mendesak yach... mungkin abis ini balik kerja lagi... tapi kalo ngga menjanjikan yach... gw jadi ibu RT ajah... liat perkembangan anak... it's fun kan bu,... udah deh.. ga usah didengerin yang penting kita enjoy our life... rite! ciayo mums... :)

Shop and Rent said...

ariany: hehehe, gue rasa ga ada yg lebih bagus atau lebih jelek lah, tergantung pilihan masing2...
yg penting pas ngejalaninnya dengan happy dan sepenuh hati :D

emang bener tuh, kalo ga mikirin duit sih mendingan jadi full time mom, gimanapun anak yg diurus sendiri ama diurus orang kan beda :)

Surti said...

Balik lagi ke prioritas hidup dan yang paling suitable buat diri sendiri, ya kan bu fy? :))
Dan yg pasti semua pilihan itu baik asal di jalankan dengan sepenuh hati..intinya semua yg dari hati pasti baik - yakin seyakin-yakinnya deh kalo ini :D

Ellyse said...

dua2nya sama aja kali,ada good n bad sidenya.tar si kiefe bakal blajar mandiri donk,kan bgs tuh..

Shop and Rent said...

surti & apple: hihih..iya, setujuhh..
kayanya masalah ini dilema paling besar dan paling umum buat kebanyakan wanita deh *taelaaaa wanita niyyy, bukan ce lagi :))*

MarvelLicia corner said...

hihi... barusan gw juga berpikir2 hal yang sama lagi neh, udah mo balik kerja meskipun cuma 2 jam sehari tapi rasanya ga rellaaa ninggal anak sama pembantu doang :D iya betul kata apple... biar belajar mandiri dehhh.... ayo ayoo.... :D

Anonymous said...

IndexMobil.Com :: Bursa Jual Beli Mobil Indonesia - Bursa Iklan Mobil Indonesia - Info Harga Mobil Bekas & Mobil Baru Indonesia