baby

Thursday, September 06, 2007

cerita dari singapore

sehubungan dengan diutusnya gue untuk mengikuti training di singapore tgl 3-7, maka hari minggu *tgl 2* kemaren gue udah nyampe singapore. sedih juga sih harus ninggalin kiefe *dan dad-nya tentu saja :D*, tapi yah gpp deh, tar akhir bulan kan mau jalan2 sekeluarga :)

begitu nyampe singapore, sore2nya ketemuan sama cici gue, komplit sekeluarga, seneng deh kalo denger si Jovin *keponakan gue yg pertama* ngomong, menurut gue logatnya dia bagus, ga singlish banget :p
kalo Kezia *adeknya*, karena emang anaknya agak manja, jd kalo ngomong nadanya naek turun, jd kedengeran singlish banget, hehehe..

hari pertama training, dengan berbekal info dari cici, dengan pedenya gue naek MRT + bus, agak nyasar dikit (namanya jg pertama kali, wajar dong ah :p), gue turun di 2 stop sblm tempat tujuan, hehehe..untung ga terlalu jauh dari tempat tujuan, jd jalan aja nyampe, dan ga terlalu telat juga, paling cuma 5 menitan telat gitu dehh.

kelasnya kali ini lumayan heterogen, ada orang Malaysia, China, Thailand, Jepang dan Indonesia tentunya. Yg dari Indonesia bukan cuma gue sih, ada 1 orang laen dari competitornya company gue :D.
biasanya kalo udah gitu, kelasnya akan terbagi jd beberapa kelompok *gank* pas lunch. kali ini kelasnya terbagi jd 3 kelompok, kelompok pertama isinya 3 orang yg emang dari 1 company (walopun beda2 negara, yg 1 dari Dell Malaysia, 1 dari Dell China, 1 dari Dell Jepang), kelompok kedua isinya 2 orang, sama2 dari Avaya China, kelompok ketiga isinya 4 orang, 2 orang Indonesia (yep, salah satunya gue), dan 2 orang Thailand.

hari pertama itu ya biasa deh tanya2, 'nginep dimana? jauh gak dari sini? tadi naek apa kesini? berapa ongkosnya?'
dan dari semuanya ternyata cuma gue yg nekad naek MRT & bus, hihihi...
tapi mereka jd pada pengen banget tuh begitu tau ongkos gue paling cuma $2 - $3 gitu..sementara mereka naek taxi tuh sekitar $10 - $12, pdhal tempat mereka nginep lebih deket daripada hotel gue, dan allowance mereka perhari jg lebih gede dari yg gue dapet (yep, termasuk si orang indo competitor company gue itu, allowance dia lebih gede loohhh *ih bikin sirik deh*)
so, hari itu mereka ikut gue pulang deh naek bus trus naek MRT, cuma 2 orang sih, si orang indo itu dan 1 orang thailand.

trainingnya sendiri lumayan lah...
cuma entah apa karena bawaan gue yg emang eks instruktur atau emang bawaan gue yg protes mulu kerjaannya :p, selama ini gue ga pernah bener2 puas ngikut training, ada aja yg menurut gue kurang ok.
kalo training2 yg dulu gue ikutin itu mah parah, keliatan banget inst-nya ga nguasain materi.
yg kali ini sih lumayan deh, inst-nya lumayan nguasain apa yg mo dia omongin, cuma ada beberapa kali dia kebingungan sendiri...hal yg menurut gue harusnya ga terjadi ya kalo emang bener seperti yg dia bilang bahwa dia sering ngajar materi ini...
kalo orang udah ngajar 1 materi berulang2, masa iya masih bisa salah2 sih? hmmm...
atau mungkin justru karena dia ngajar doang, dan ga ngerjain project, jd ya cepet lupa kali yak...entahlah...

yg paling lucu tuh di training ini kan kita pake engine untuk speech recognition, jd pas aplikasi minta input kita harus ngomong supaya dia ngerti, nah speech engine-nya sendiri pake yg us-english, jd supaya gampang diterima ama dia, pronounciation kita harus mirip2 logat US gitu...
si orang jepang itu yg paling lucu *namanya chisaki, nama tokoh film/komik jepang banget yak, hihih*, dia sampe frustasi ngomong 'mango...mango...', ga ngerti2 tuh engine :))
akhirnya dia ngoceh2 deh "I think it just doesn't understand the word mango", hihih..
ya namanya jg logat ya, biarpun kata2nya udah dalam bhs inggris, logat jepangnya masih ada lah dikit2 :D, sama ama gue jg, ampe belibet ngomong kagak ngerti2, somehow tuh engine cuma ngerti kalo gue ngomong 'strawberry'.
tapi ternyata setelah disetting sensitivitasnya jd low banget, dia bisa ngerti juga kalo gue ngomong yg laen2, hehehe..

ngomong2 orang jepang, di hotel gue jg lagi ada rombongan orang jepang, team olahraga apaan gitu deh...soalnya mereka pake celana training dan jaket sport gitu, jd gue yakin mereka team olahraga...cuma ga bisa nebak aja olahraga apaan, soalnya orangnya banyak, ampir 50 kali, trus campur ce dan co.
nah tadi pagi gue kebetulan duduk di sebrang mereka, mereka nempatin 6 meja sendiri gitu.
trus tau2 ada yg mengaba-aba, dan rame2 mereka tunduk kepala sambil tangan di posisi hormat gaya jepang, sambil ngomong apa lah...
gue pikir itu tanda buat bubar, jd gue mikir abis ini pasti pada bubar jalan nih...

ternyata abis itu ada 1 orang dari salah satu meja jalan keluar, sambil semua ngeliatin orang ini, trus pas tuh orang udah di depan pintu mereka kasih hormat lagi *gaya jepang, yg pake tunduk2 kepala*, hihih...lucu jg yak...
ada 2 orang yg mereka hormatin kaya gitu...
begitu 2 orang itu udah keluar baru deh pada ngobrol2 santai, trus ga lama bubar, hehehe..
mungkin itu pelatih mereka kali ya...sebenernya 2 org yg lewat itu jg ga keliatan bossy atau gimana, jd kayanya penghormatan itu lebih karena adat istiadat mereka emang mengharuskan begitu aja, soalnya yg 2 orang itu pas lewat nyantai2 koq, yg 1 malah pake garuk2 kepala :p, 1 lagi sambil nunduk senyum.

menarik juga kalo liat budaya orang laen, hehehe...
jd inget dulu gue kepikir mo belajar jepang gara2 abis nonton The Last Samurai yg ada si ganteng tom cruise, hahahaha..

oh ya, for the sake of curiosity, gue ngetest kata 'Kiefe Edward Joshua' di engine text-to-speech yang kami pake selama lab, dan ternyata si engine bener tuh ngomongnya 'kif'...
jadi, gak pa-pa deh si dokter kagak ngarti manggil kiefe gimana, yg penting orang US ngerti *loh?*, heheheh...

updated: ternyata rombongan jepang itu rombongan culture exchange *akhirnya mereka pake baju dengan tulisan yg bisa gue mengerti :p, emang dari tampangnya kayanya mereka seumur anak2 SMA gitu sih, hehehe..berarti 2 orang yg mereka hormati itu mungkin gurunya

No comments: