baby

Monday, July 30, 2007

DPT, HiB dan Polio (3)

kiefe hari kamis kemaren ke dokter untuk imunisasi HiB, DPT dan Polio yang ketiga *terakhir*
agak2 maksain diri sih, soalnya sebenernya dad-nya siang2 musti berangkat ke bandung, gue-nya jg lagi ngejar2 deadline, tapi disempet2in deh pagi itu ke dokter dulu, soalnya itu aja udah molor 2mgg dari jadwal yg seharusnya, hehehehe...

beratnya kemaren 7,6kg, panjangnya 70cm.
gue sempet nanya ama dokter untuk ukuran umur segitu sebenernya kiefe termasuk kurus ga sih...
trus dokternya kasih liat grafik rerata pertumbuhan berat badan anak laki-laki.

di grafik itu kan ada 3 garis, yg paling rendah, rata2 dan paling tinggi.
beratnya kiefe tuh adanya di garis yg rata2, jd dokternya bilang kalo liat grafiknya sebenernya termasuk rata2, masih ok lah...
tapiiii...kalo liat dari grafiknya kiefe sendiri dari 0bln *tuh dokter kan tiap kali kiefe dateng ngebulet2in dan bikin grafik pertumbuhan kiefe*, keliatan bahwa penambahan beratnya di bulan 4-6 ini lbh sedikit dari bln2 sebelomnya, jd bikin grafiknya miring, hehehe..
emang sih, garis grafik kiefe 0-4 bulan tuh bagus lengkungannya, keatas dengan proporsi yg bagus gitu deh :D, begitu bln ke-6 ini jd miring.

apalagi pas di dokter bulet2in di grafik tinggi badan dan lingkar kepala, dia jd makin semangat ngomong
"nah kita liat ya, tingginya itu udah di grafik paling puncak, lingkar kepalanya jg, cuma berat badannya yg di tengah, jd keliatan ya harusnya pertumbuhan berat badannya bisa lebih bagus, berarti kita kurang sukses kemarin di 4-6bln untuk penambahan berat badannya"
trus dia tanya kiefe minum susunya gmn, gue bilang emang dikit sih, palingan 100cc doang per 2 jam.
eh dia suruh tambah tuh jd 120cc, kalo ga habis coba disendokin katanya...hmm, gue agak kurang sreg sih, gue takut tar kiefe kebiasaan minum susu maonya disendokin.
kadang sih kiefe emang dikasih 120cc dan kalo lagi haus banget emang habis tuh, tapi setau gue seringnya masih 100cc.

cuma sejak pulang dari dokter itu akhirnya dibiasain kalo minum 120cc dan ternyata habis tuhh..
entah dia emang suka susunya yg skrg atau emang udah waktunya dia minum 120cc kali ya, cuma kmrn2 gue masih ragu, takut susu kebuang2, sayang bo..
ya untung lah, ga perlu pake disendokin segala...
emang kiefe nih nice boy, ngerti kalo mommy-nya lagi pusing, ga sreg ama saran si dokter yg suruh sendokin susu, jd dia bantuin kasih solusi, hehehe...

kayanya dia udah tau rasa deh, kmrn pas disuntik kan nangis, begitu ditetesin polio langsung diem dan ngecap2 gitu, ga lama trus meringis, hihih..agak asem kali...
waktu bulan2 sebelomnya mah kayanya dia ga terlalu berasa pas ditetesin polio jd ga pake ngecap2 gitu :))

kmrn susunya gue ganti promil, soalnya nyari nutrilon royal 2 tuh susah deh, trus kiefe kan dulu sempet minum s26-gold dan ga masalah, jd gue pikir pake promil jg ga masalah harusnya.
eh eh dari hari sabtu kemaren dia sembelit tuh, ngeden2 mo pup ga keluar2, kasian banget liatnya.
sampe tadi pagi bangun tidur jd masih usaha ngeden2 terus, ga bisa2...jd gue pesenin suruh kasih pepaya...
ternyata pas gue sampe kantor, hubby telp, kiefe skrg ngedennya udah sampe nangis2 katanya, kasian banget, jd akhirnya dibawa ke dokter deh.
di dokter disemprot apa gitu, trus langsung pup banyak banget, dan keras...
untung lah udah keluar, udah lega...
skrg gue ganti nutrilon royal 2 lagi, kemaren pas nyari dapet 4 kaleng, lumayan buat stock.
sama dokternya disuruh stop dulu rice cerealnya, soalnya takutnya gara2 itu juga...gue jg ga 100% yakin gara2 promil sih, tapi emang itu suspect terbesar gue soalnya produk2nya s-26gold itu emang terkenal bikin pup keras...
jd disuruh kasih buah2 dulu sama dokter...
akhirnya rencana gue mo kasih kiefe sayur2an dulu di awal2 makannya ini ga jadi deh, hehehe...

ya gak pa2 deh, mudah2an kiefe tetep nice dan ga jadi picky eater :D

No comments: