baby

Monday, May 07, 2007

these are my confessions (part II)

biar makin mirip ama judul lagunya usher, hehehe...

kali ini mo cerita soal baby sitter gue.
I don't "click" with my baby sitter, because:

- dia menciptakan kebiasaan2 ke kiefe yg gue ga suka

kebiasaan pertama yg dia tanamkan ke kiefe adalah masalah "gendong menggendong"
dari kiefe baru lahir dia hobby banget ngegendong si kiefe, pdhal si kiefe lagi tenang2 aja di ranjang sambil celingak celinguk, istilah gue sih: lagi maen sendiri, eh dia tau2 dengan isengnya ngangkat si kiefe trus digendong..kasian katanya kalo bayi tiduran mulu...

aduh booo, namanya juga bayi, ya tiduran laaaa...
lagian kalo lagi minum susu jg pasti digendong, duh duh...

gue sempet ngomong waktu itu "wah jgn dibiasain lah, tar kebiasaan minta digendong mulu", dia masih ngeyel, bilang kalo bayi blom 1bln mah blom berasa enak digendong, jd ga bakal kebiasaan.

hasilnya? huhhh...pas umur 3 mingguan kiefe nangis kalo ditaro di ranjang...kalo lagi digendong bobo, trus ditaro di ranjang bisa kebangun lagi tuh dia trus nangis2...
bandel sih!
gue ampe bete berat waktu itu.

yg bikin gue gregetan banget, BS gue nih punya kebiasaan ngegendong terus anak walopun itu anak udah ketiduran..
mo ngapain gitu loh anak dah tidur digendong mulu?
seringnya sih dia bilang krn si kiefe tidurnya blom tanak *gue selalu inget pelajaran bahasa Indonesia kalo denger kata ini, jd inget kalimat "ibu sedang menanak nasi di dapur", hahaha*, maksudnya blom pules banget gitu, soalnya kadang masih kaya gelisah dan ngulet2, makanya blom dia taro.
tapi yah, menurut buku yg gue baca dan setelah gue perhatiin, emang bayi tuh bukan mahluk yg paling tenang koq kalo tidur.
kalo kata buku istilahnya REM (Rapid Eye Movement), jd tidurnya emang sebentar2 gitu, dan kadang seolah2 ngulet atau gerak2, tapi sebenernya dia masih tidur lagi.
jd kalo BS gue mo nungguin sampe tanak, kapan tanaknya? makanya dulu sering banget si kiefe udah 1 jam tidur jg masih aja digendong, emosiong deh gue ngeliatnya :p
sebenernya mertua gue jg punya prinsip yg sama sih...ga tau ya apa semua orang jawa begitu (bu cupid, elo begitu jg jangan2? :D), tapi kalo mertua sih gue biarin aja deh si kiefe lagi tidur masih digendong juga, toh mereka ketemu si kiefe jarang2, jd kesempatan ngegendong si kiefe jg jarang2, lagian mertua gue dateng maksimal 1 bulan sekali selama 2 hari, ga bikin kebiasaan lah harusnya.
BS itu aja yg bikin gue emosiong :p

pas si kiefe sebulanan dan lagi rewel2nya minta digendong terus baru deh si BS tersadar, tapi tetep aja suka kambuh sampe skrg :p

nah belakangan ini dia menciptakan kebiasaan baru lagi.
sejak kiefe 3bln, si BS ngegendong kiefe pake cukin *selendang panjang buat ngegendong itu loh*, gue ga tau gimana asal mulanya yg pasti tau2 gue ngeliat dan denger dia bilang "ayo ayo jalan2, minum susu...ini kalo mo minum susu pasti marah2, musti sambil jalan ya de..."
wah gue langsung bete...trus gue bilang "wah, jgn ah...tar kebiasaan loh, cape dong.."

menurut gue sih awalnya mungkin karena dia skrg gendong kiefe pake cukin jd dia bisa ngasih minum susu sambil si kiefe digendong berdiri, mungkin sambil diayun2, sambil si BS nonton tv...
atau mungkin jg gara2 si kiefe sering blom mao minum susunya, tapi dia maksa, dan dengan digendong sambil diayun2 ternyata si kiefe mao minum, jd dia simpulkan si kiefe skrg kalo minum susu harus sambil digendong jalan2.

pdhal setelah gue perhatiin mungkin emang si kiefe-nya blom laper dan blom mo minum susu, soalnya BS gue belakangan koq strict sama jam...
2 jam sekali dia udah bikin susu pdhal kiefe blom minta, gue sampe kesel kemaren...gue bilang ga usah bikin dulu lah kalo kiefe blom minta, lagipula kalo susu formula kan sebenernya lebih bikin kenyang, jd bisa 3 jam sekali baru minum susu...
dia mah patokannya gara2 dari lahir kiefe minum susu 2 jam sekali, kan waktu itu minumnya ASI booo, duuuhhh...
mungkin sih emang kiefe jg ga sampe 3 jam dah minta susu lagi krn udah kebiasa minum ASI dulunya, tapi bukan berarti anaknya blom minta tapi udah jamnya langsung dipaksa minum gitu dong.

duh pokonya gue kalo di rumah bete deh bawaannya..emosiong...
dah gitu gue ga berani marah2in dia.
sebenernya gue jg bukan tipe yg dikit2 marah sih sama pembantu/BS, tapi kali ini gue bener2 ga berkutik..bahkan sekedar nasehatin aja gue ga berani.
jd gue cuma bisa ngomong sambil agak2 becanda, atau omongannya gue tujuin ke si Kiefe-nya, bukan ke BSnya.
soalnya ini BS lumayan bisa dipercaya dan kalo dia sampe ga betah bisa pusing gue nyari BS laen yg bisa dipercaya ditinggal berdua doang ama kiefe.
ngalah banget deh gue kalo sama si BS satu ini...

- dia kelewat sayang sama kiefe

sampe2 gue berasa kadang2 gue musti rebutan ngegendong si kiefe *sigh*
contohnya hari sabtu kemaren...gue dah seneng banget kalo dah weekend krn berarti gue punya banyak waktu buat si kiefe...jd gue maonya dari pagi sampe malem gue yg ngurus si kiefe kecuali kalo gue ngantuk ya baru gue kasih ke BSnya deh.

tapi si BS kaya ga ngerti gitu kalo gue jarang2 punya kesempatan kaya gitu.
jd kemaren jam 9an dia udah mo ngegendong si kiefe, dah gitu gue keselnya krn dia ngomong sama si kiefenya pake kata2 yg memprovokasi, contohnya nih "ayo sini, ikut suster, sini..enak disini..ayo..."
kalo gitu paling gue jawab "tar aja ya, ikut mommy dulu, jarang2 nih ikut mommy"
biasanya kalo gue gituin si BS ngomongnya "ikut mommy dulu ya de? iya? yah..ya udah, ikut mommy deh sana..sukurin...sukurin"
maksudnya apa tuuuhhh?? ggggrrrrr....
mungkin sih niatnya cuma becanda2 aja ama si kiefe, tapi gue suka kesel aja dengernya.

eh kemaren mah malahan dia nyautnya gini "wah sini sama suster dulu deh, dikiiiitt aja...dikit aja, suster blom gendong nih dari pagi" *dari pagi emang gue yg maen sama si kiefe*
dah gitu gue bingung deh mo jawab apa, akhirnya gue kasih deh, tapi trus ga lama gue ambil lagi gue bilang mo ajak masuk kamar aja, mo maen di ranjang.

gue ngerti sih mungkin obsesi dia sbg BS tuh dia mo nunjukkin anak yg dia asuh bisa sayang ama dia, berarti dia bener ngurus anaknya.
tapi menurut gue dia jg harus tau menempatkan diri dong...
kalo lagi ada gue dan gue mo maen2 sama kiefe ya ga usah ribet2 mo ngegendong si kiefe dong...

kadang2 sih dia ngomongnya gini "sama mommy? yah..mommy cape dong"
kalo dia ngomong gitu sih gue bisa ngebantah aja "ga lah, jarang2 ketemu mommy koq ya"
jd kami bersilat lidah melalui omongan ke si kiefe, hahahhaa...
lagian gue pikir2, kalo emang gue cape toh gue pasti bilang dan kasih si kiefe ke dia, kalo gue ga ngasih kan berarti emang gue lagi mo maen ama si kiefe, dia ga usah ribut2 kaya gitu lah, capeeee deehhh...

kalo sore2 gue pulang kerja dan si kiefe blom bobo aja kesannya dia suka berat gitu pas gue mo ngegendong si kiefe.
entah krn gue udah berasa gimana2 duluan ama dia jd bawaannya curigation atau emang bener.

plis deh boooo...

terus terang, tanpa dia bersikap kaya gitu aja gue udah cukup khawatir kalo suatu hari nanti si kiefe lebih lengket sama BSnya, dan lebih pilih ikut BS daripada mommynya :(, and her attitudes don't make me feel safe, malah makin khawatir kaleee..

- pengetahuannya soal baby ga mantep buat gue

mungkin krn jaman dulu ama jaman skrg dah banyak berubah ya.
BS gue ini udah tua, umurnya dah 50 gitu.
dia udah ngerawat banyak anak, termasuk 3 orang bersodara sepupunya hubby. dan terakhir dia ngerawat bayi mungkin sekitar 7 atau 8 taon yg lalu, soalnya kalo ga salah di tempat dia terakhir kerja, tuh anak yg dia asuh udah kelas 2 SD.

jd kadang2 kepercayaan2 dia tuh aneh2.
contohnya...anak itu kalo maghrib harus digendong.
anak itu ee-nya ijo karena mommynya makannya sayuran.
anak itu kalo digendong dan diposisikan tengkurep di dada bikin pipisnya nanti sakit.

hal2 yg menurut gue ga masuk akal dan beda sama apa yg gue baca di buku, dan jg beda ama yg diomongin dokter gue. salah satu hal yg bikin gue seneng sama Dr Erick tuh karena si dokter kalo gue kasih pertanyaan ngasih jawaban yg sama dengan apa yg gue baca di buku.
jadi gue punya 2 guidelines yg sama, ga saling bertentangan.
nah si BS gue ini mah ngaco2 prinsipnya.

soal dia bisa gedein 3 bersodara sepupunya si hubby sih gue percaya deh.
tapi setelah ngalamin sendiri, menurut gue ngerawat bayi tuh ga susah...cape sih iya, tapi susah sih ngga..
dirawatnya sleboran jg si bayi masih bisa tumbuh koq, cuma tumbuh jd orang yg kaya gimana, that's the question.


Jadi, pada dasarnya sekali lagi gue cuma bisa bilang kalo gue ga "click" sama BS gue.
tapi yah....then again, we should always look at the bright side.
setidaknya karena si BS tuh sayang banget sama kiefe, gue bisa yakin selama gue tinggal kerja si kiefe di tangan yang aman, ga bakal kejadian kaya cerita2 serem soal baby dan BSnya *ketok2 meja*, dan si BS ini jg orangnya bersih, jd bisa ngajarin gue yg jorok ini untuk jd lebih bersih dalam berhadapan dengan baby :p

anyway, to sum it all up...
saran gue buat calon ibu2 baru...kalo kalian ga kerja dan ada kesempatan ngurus sendiri si baby, mendingan ngurus sendiri deh, ga usah pake BS.
soalnya bagaimanapun cara orang ngerawat baby tuh beda2...nyokap atau mertua sendiri aja kadang2 prinsipnya beda sama kita, apalagi orang laen, ya kan?

4 comments:

Anonymous said...

bu... sampe sekarang gw jg masi binun pake BS ato gak.. heheh... masi single fighter nih.. yang jelas bener2 capeeeee deh... anyway baca blog elo tentang forum wweddingku.. hahaha.. jadi ikut terharu neh... yah moga2 bisa ketemuan yach ntar kapan2... eniwei.. bukannya temen gw udah jd adik ipar elo ? :P
best regards...

mamana felice said...

ya gitu deh bu kalo diurus orang. cici gua pernah bilang gini: kalo lo mau urus anak pake cara lo sendiri, lo harus urus sendiri. kalo lo suruh phopho yg urus, yah pasti pake caranya phopho. kalo lo suruh BS yg urus, yah pake caranya si BS. lo gak bisa suruh orang urus anak lo pake cara lo. gak bakalan bisa...
jadi yah, ambil positifnya aja kali yah. seperti yg lo blg, lo bisa kerja dgn tenang karna kiefe ada di tangan yg aman, ya gak ya?

Shop and Rent said...

ariany: hmm..gue jg gak tau pasti kalo kondisinya kaya elo...
sebenernya kan elo part timer, nah kalo selama elo harus kerja ada yg jagain sementara sih mendingan ga usah pake BS, titip ke yg bisa jagain itu.

mamana felice: iya, bener banget, ga bisa ngarepin orang pake cara kita buat ngurus anak, tiap orang punya prinsip dan cara bed2 soalnya.
ya sut lah, gue bersyukur aja dapet BS yang baek, hehehe...

Anonymous said...

masalanya ga ada yg bisa jagain hahaha... tapi gw ngga mnganut asas kaya mertua elo lho bu... soalnya si baby juga seringnya aku tinggal di box suru bobo ndiri hahahah :P kasian si... tapi gimana daripada mamanya yang teol hehehe