baby

Friday, January 12, 2007

baby: 39 weeks

kemaren malem ke dokter lagi, jadi postingan kali ini sequelnya dari minggu lalu, tapi ceritanya ga lebih serem dari minggu lalu sih, hehehe...
jadwalnya lagi2 untuk periksa dalem...

sebenernya kali ini terasa lebih seru dikit sih, soalnya pas di perjalanan dan waktu nunggu giliran masuk ke dalem terus terang gue agak deg2an dikit, hahaha... *katanya orang cuek :p*
soalnya gimanapun yg gue inget dari kesan pertama periksa dalem kemaren kan emang periksa dalem itu sakit, walopun ga sakiiiittt atau sakit banget :D, tapi tetep aja sakit, meskipun gue sendiri ga inget sih seberapa sakitnya...
jd deg2an itu berusaha gue redam dengan pikiran "ah, bentaran banget koq sakitnya...masa gitu aja takut"

masuk ke ruang dokter, seperti biasa diawali dengan sambutannya, trus dimulai dengan usg...
sejak 7 bulanan, udah berkali2 kalo pas usg ngeliat kepalanya doang, kayanya baru kemaren gue merasa seneng ngeliat layar usg itu, ngeliat kepalanya yg bulet gitu, lucu kayanya, hihihi...
trus dikasih liat jantungnya yg lagi berdenyut2 *yg sampe skrg ga pernah gue denger suaranya kaya apa, cuma tau dari cerita orang2 aja kalo denyut jantung janin tuh jauh lebih cepet dari denyut jantung kita*.
trus juga dikasih liat cairan ketubannya yg menurut dokter masih bagus *walopun gue ga merasa ngeliat apa2 :)), percaya aja dah*.

abis itu mulai deh acara buka2an.
kali ini gue udah bertekad mo relaks sebisa mungkin, dan mengalihkan perhatian dengan cara tarik2 nafas itu.
jd begitu si dokter mulai (kembali diawali dengan pesan2: yang relaks aja ya...), kali ini respon gue lebih bagus daripada minggu lalu, ga kaget kaya minggu lalu, hehehe...
tetep sih berasa nyelekit gimanaaa gitu pas tangannya nyodok2 ke dalem, tapi gue berhasil mengalihkan perhatian dengan cara ngatur nafas, dan terbukti kali ini susternya ga perlu ikut2an ngasih tau supaya gue ga nahan karena emang refleks nahan gue walopun masih muncul tapi minimal banget, jd si dokter masih bisa menjalankan urusannya dengan baik :D

tapi berhubung gue tenang begitu *ga sibuk ngelawan* malahan jadi berasa koq kayanya lebih lama ya kali ini periksa dalemnya :))
mungkin sih perasaan gue doang...lagian tetep sih sebenernya itu jari2 di dalem cuma sekian detik aja, ga nyampe 5 menit deh pokonya.

nah sementara jari2nya masih di dalem itu si dokter ngomong "nah ini skrg mulai berasa ngga enak ya? udah kebuka nih 1 centi"
tapi gue ya berhubung masih konsen ngatur2 nafas ga bisa merespon apa2 :D
begitu kelar periksa dalemnya baru deh gue nanya2.

intinya, kata si dokter si baby dah mulai turun *pinter ya baby akyu :D*, trus udah mulai ada bukaan, baru bukaan 1 sih.
trus yg paling melegakan, keluar kata2 "bagus koq ini, kamu bisa lahiran normal koq ferlin"
wah rasanya lega loh denger lampu hijau langsung dari dokter, heheheh...
dokternya pesen2 lagi supaya sering2 "kumpul" sama suami supaya membantu kontraksi *minggu lalu jg udah dipesen2in kaya gini :p*

eniwei, walopun dah bukaan 1, biasanya dari bukaan 1 itu bisa aja ga nambah2 lagi bukaannya, atau nambahnya cepet banget, jd masih blom pasti sih...
jadi si dokter pun kembali berpesan supaya tanggal 18 jan balik lagi, dan tgl 25 jan kalo si baby blom lahir jg musti diinfus (mungkin maksudnya induksi ya)
ah yang pasti gue sih dah cukup seneng kalo dokter bilang bisa lahiran normal, posisi si baby jg udah mulai turun, apalagi udah mulai ada bukaan...
kalo dah gini tinggal terusin dengan giat dan tekun olahraga berdiri-jongkok-nya, trus juga banyak2 jalan2 kali2 sabtu atau minggu ini si baby dah lahir, kan berarti senin ga perlu kerja lagi *cihuy :D*

oh ya, kali ini gue ga lupa loh nanya beratnya si baby udah berapa kg, soalnya gue agak khawatir dia kegendutan di dalem makanya mo turun tuh susah.
tapi si dokter mah ga asiikkk, pas gue tanya jawabnya cuma: yah, 3kg sih udah ada ya.
ya iya laaaaa, waktu 36w jg pan udah ampir 3kg katanya, ih ga asik banget deh kamyu dok :p

No comments: