baby

Tuesday, November 13, 2007

campak jerman aka rubella

jumat tengah malem pas kiefe kebangun dan nangis2, gue koq berasanya kiefe demam lagi, pdhal sorenya udah ngga.
jadi tengah malem itu gue kasih minum tempra deh.

sabtu paginya, emak dan BSnya kiefe ribut2 bilang kiefe masih demam.
emang sih kepalanya agak anget dikit, tapi menurut gue sih blom tentu kalo diukur termometer tuh suhunya naik, soalnya kalo cuma diraba/dipegang gitu kan ga akurat.
tapi berhubung si dokter jg kemaren pesen2in kalo jumat malem masih demam, sabtunya sebaiknya cek darah, jd akhirnya diputuskan untuk bawa kiefe cek darah pagi itu.

pas lagi siap2 mo bawa kiefe ke dokter, baru perhatiin di mukanya muncul titik2 merah di sekitar hidung, di badannya jg ada beberapa, makin curiga demam berdarah atau campak deh. tapi titik2 merahnya itu beda sih sama bintik2 merah demam berdarah ataupun campak *gue udah pernah kena 2-2-nya soalnya :p*, yg kiefe ini titik2nya kecil2 banget dan banyak, ngumpul gitu, jd kaya bruntusan.

akhirnya bawa kiefe ke siloam, dengan harapan kalo hasil cek darahnya bisa keluar dalam waktu ga terlalu lama ya langsung konsultasi ke dokter setelah itu.
kasian banget ngeliat kiefe diambil darahnya, duh...ga tega banget deh.
untungnya begitu selesai diambil darah dan digendong, nangisnya juga berenti.

hasilnya keluar 2 jam kemudian.
dari test darahnya itu keliatan white blood cell-nya rendah, kiefe punya cuma 3,9 pdhal batas bawah normalnya itu 6.
dan menurut si dokter, trombositnya jg udah mulai turun, 170rb, sebenernya ambang batas bawah normalnya sih 150rb, jd masih ada di kadar normal juga.

jadi udah pasti ini infeksi virus. bukan demam berdarah ataupun tipes karena 2-2-nya hasilnya negatif.
trus gue tanya: kalo campak? bukan jg ya dok?
dokter: ya bisa juga campak, campak kan termasuk viral infection juga *iya..iya, biologi gue jelek banget dah ginian kagak ngarti, hehehe*
trus dokternya tanya: ada keluar bintik2 gak?
gue: ada sih dok, di deket idung sama di badan itu ada sedikit
dokter: tapi ga ada batuk pilek toh? jd menurut saya ini bukan campak, tapi tampek *gue tadinya pikir 2 hal itu sama loh :p*, atau yg biasa disebut orang campak jerman atau rubella. soalnya kalo campak biasanya disertai batuk pilek, dan pas keluar bintik2nya malah demam makin tinggi, kalo ini kan udah ga demam lagi toh?

trus diperiksalah kiefe sama si dokter. suhunya 36,7 derajat.
selesai periksa, dokternya makin yakin kalo itu campak jerman aka rubella.
si dokter bilang infeksi virus emang ciri2nya begitu, demam turun naik selama 4 hari, setelah itu ga demam lagi trus mulai keluar bintik2 merah, dalam 2 hari ini bintik2nya akan semakin banyak (jadi ga usah khawatir trus mikir ini kenapa2 lagi ya bu...), setelah itu nanti akan menghilang.

dokternya sempet nanya lagi sih "masih bisa kan dirawat sendiri di rumah? ga takut kan?"
kalo aja dia kemaren kagak barusan ngasih gue free, bisa2 gue pikir nih dokter matre, hahahaha..meng-encourage supaya anak dirawat di RS :p, tapi berhub kemaren dia kasih gua free berarti dia gak matre, dan kemungkinannya dia cuma pikir gue ini emak yg kelewat khawatiran, yg mana setelah gua pikir2 lagi, dengan rekor bolak balik dokter sampe 3x dalam waktu 4hari sih emang keterlaluan yak, ga heran dia mikir gitu :p

trus dia ada ngomong juga "wah, kalo saya tadi udah liat dulu bintik2 merahnya mah ga usah periksa darah segala deh, soalnya ciri2nya emang udah khas banget"
yaaaaaaa, sia2 dong anak gue udah disuntik diambil darahnya :(, dan lagi berarti juga gue keluarin duit 400rb for nothing :p
tapi ya udah lah, namanya jg kagak ngarti.

hari itu ga dikasih obat apa2 sama si dokter, cuma diresepin vitamin.
pas mo bayar, gue setengah berharap akan dikasih free lagi, hihihi...tapi pikir2, kemaren itu kan emang 2hr berturut2 datengnya, kalo ini kan udah ada jeda 1hr, jd mungkin ga free kali ya.
saking penasaran gue intip tuh bonnya si dokter sblm ke kasir.
di bagian bon-nya, ditulis gede2 Rp. 0,-
horeee..baek banget deh kamu, dok! emang ga salah pilih dokter nih :D

hari minggunya bintik2nya makin banyak keluar, mukanya kiefe sampe pada merahhh semua, trus badannya jg gitu, kalo kaki dan tangan sih gak terlalu.
kasian sih ngeliatnya.
tapi setidaknya kiefe udah ga demam lagi, jd udah ga terlalu lemes kaya kemaren2nya.

dan tadi malam, setelah 5 malam kiefe ga bisa tidur tenang, kebangun dan nangis2 mulu kalo ditaro jd tidurnya musti dipeluk atau digendong atau dipangku, akhirnya semalam kiefe bisa tidur all night long, dari jam 8 malem sampe jam 6 pagi baru bangun, hurrraaayyy!

skrg gue tau kenapa dari hasil TORCH gua waktu hamil keliatan kalo gue pernah kena rubella, pdhal gue ga merasa pernah kena rubella, sakitnya kaya apaan aja gue kagak ngarti.
setelah gue inget2, gue dulu waktu SMP/SMA/awal2 kuliah *daya ingat lemah :p* pernah sakit demam beberapa hari, trus suatu hari muka gue bruntusan, kaya jerawat2 kecil, wah sampe stress berat waktu itu, tiba2 koq jerawatan parah gitu.
ternyata itu yg namanya rubella :p

so, dengan sakitnya kiefe kali ini gue banyak belajar.
gue jadi tau yg namanya rubella tuh kaya apa :p
gue jadi tau kalo anak demam, sebaiknya amati selama 2 atau 3hr baru ke dokter (kalau perlu), soalnya waktu gue ke dokter kedua kali dan udah ketauan demamnya gak konsisten (naik turun), dokternya jadi bisa tau bahwa itu infeksi virus.
dan infeksi virus sebenernya ga bisa diobatin, dikasih antibiotik jg percuma karena antibiotik ga bisa membunuh virus.

ya, sepertinya emang bener bahwa kunci cara penanganan anak yg sakit adalah jangan mudah panik.
tapi dalam prakteknya susah ya, hehehe...
gue sendiri udah mencoba ga terlalu panik/khawatir berlebih kemaren, tapi pas kiefe demamnya tinggi banget (berasa banget kepala dan badannya panasss), gue khawatir juga, soalnya setau gue kalo baby demam terlalu tinggi bisa menyebabkan kejang atau istilahnya 'step' ya? nah itu setau gue bisa berpengaruh ke otak, ngeri bo (ga tau sih ini bener apa cuma salah satu mitos jaman baheula)
dan omongan orang2 sekitar (terutama BS dan emaknya kiefe), ga bikin gue tenang, malah bikin tambah panik, jadi ya gitu deh, hehehe..

lagipula karena gue merasa gue ini orangnya kelewat cuek, gue ga mau sampe terjadi apa2 ke anak gue cuma gara2 kecuekan gue.
so gue anggep aja adanya orang2 panik disekitar gue sebagai penyeimbang kecuekan gue, supaya ga terlalu parah cueknya :p
dan lagi, kadang2 tindakan precaution memang dibutuhkan koq :)

yang penting kiefe udah sembuh sekarang, cuma tinggal nunggu totol2 merahnya ilang, hehehe..
o ya, berarti kiefe ga usah dikasih imun MMR (Mumps, Measles, Rubella) deh kayanya ya, toh tubuhnya udah membentuk antibodi sendiri untuk rubella itu.
paling kalo emang butuh ya ambil imun Measles ke-2 aja nanti.

updated: yg diatas itu diketiknya hari senin.
nah saking udah cerianya, selasa subuh tadi (jam 01.00 lebih tepatnya), kiefe kebangun krn ngompol, trus minum susu, trusss...cengar cengir pingin main, haiyahh...
o ya, jam 01.00 itu juga gue perhatiin mukanya kiefe udah bebas dari bintik2 merahnya tuh, huraaayy!

8 comments:

MarvelLicia corner said...

gw perna kena rubella juga bu.. kayanya meskipun kita udah pernah kena, anak tetep bisa kena kok... tapi katanya itu nular dari orang lain.. lha kiefe ketularan dari siapa nih? cuma.. biasanya abis kena sekali.. bisa imun sampe ntar gede loh... :) serem juga yach...

Shop and Rent said...

ariany: iya ya, rupanya antibodi ga diwarisin, hehehe..

ga tau tuh ketularan sapa, gue aja dulu kagak tau ketularan sapa :D

iya, makanya gue pikir2 ga usah ambil imun MMR lagi dong.

Anonymous said...

Bu,
coba browsing mengenai roseola ... kalo gak salah gejalanya juga sama tuh, setelah demam reda muncul bintik2 merah ...
ntar kalo sempat aku cari'in di arsipnya milis sehat deh ...
kalo bener itu roseola berarti MMR nya tetep perlu :p

Anonymous said...

dr Erick emang sip ya ... udah ganteng (kata nyokap loh, bukan kata gua.. ha ha), gak matre, ditelponin or sms juga sip ... kurang apa lagi coba ? ha ha ha ha ha
kalo kata hubby sih kurangnya 1, kagak ada praktek pribadi, jadinya kena charge admin RS melulu .. he2

Shop and Rent said...

by n: iya ya, mirip ya, entah gimana bedainnya, kalo yg aku baca2 sekilas roseola itu demamnya cenderung tinggi banget kayanya ya sedangkan rubella ga terlalu.

mudah2an kiefe kemaren kena rubella aja biar udah ada antibodi rubella-nya skrg *halah sakit aja pilih2, hahaha*

yoi, sip banget deh tuh dokter, highly recommended, hehehe...

Aryanto Surtiadie said...

Masih mending kenanya pas sudah lahir, istri gw nih kena (lagi hamil pula), lagi sering konsultasi ke dokter. Tapi setau gw rubella tidak berbahaya, hanya berbahaya bagi janin.
Lebih pastinya konsultasi aja deh ke dokter takut salah Lin.

Shop and Rent said...

aryanto: mudah2an calon baby elo sehat2 aja, ga ada efek apa2 dari rubella-nya.

Aryanto Surtiadie said...

alhamdulilah gak apa2 tuh Lin. Lega deh, setelah dicek lagi, hasilnya negatif ternyata. bingung sih, tapi kata dokter gak usah khawatir, ya sudah percaya deh sama dokter dan yang KUASA. Thanks to GOD.