baby

Friday, November 16, 2007

ngegosipin HR aaahhh

kemaren sore gue mampir ke Ig untuk sign offer letter.
offer letter itu isinya agreement bahwa gue akan kerja di Ig mulai januari nanti, dengan salary xxx rups, dengan benefit bla bla bla, termasuk di dalamnya medical cover buat gue, hubby dan kiefe (basically itu buat karyawan + spouse + 2 kids).

inilah 2 perbedaan significant antara PE dan Ig.
pertama soal surat2 karyawan.
HR-nya Ig termasuk yg cukup teliti dalam soal surat2 karyawan, mulai dari karyawan masuk, trus jadi karyawan tetap setelah lulus probation, pengangkatan, pemecatan :p, pengunduran diri, bahkan sampe offer letter seperti yg gue sign kmrn.
sementara HRnya PE, hmm...selama gue kerja di PE (totalnya 3,5 taon), gue ga pernah sekalipun sign apa2 kecuali form reimburse medical dan form cuti :p

kedua soal medical cover.
(ini harusnya menjawab pertanyaan mamana felice di sini, maksud temen gue itu, kalopun akhirnya PE offer yg sama dengan yg dioffer Ig, Ig masih punya kelebihan di point ini -- medical cover).
dari dulu urusan reimburse di Ig ga pernah sesulit reimburse di PE.
emang sih dulu keluarnya kadang lama juga, tapi ga pernah sampe 3 bulan dehhh :p
dan walopun (menurut temen2 gue) HR Ig yg dulu (skrg dia udah jadi assisten operational manager) tuh orangnya galak, jutek, kaku...tapi buat gue ga tuh, hihihi..dia mah baek sama gue, hahahaa...

emang gue akuin kalo soal kaku sih iya, gue rasa dia emang sengaja agak menjaga jarak dengan karyawan2 laen untuk menjaga profesionalitas kerjaannya.
tapi menurut gue masih dalam batas kewajaran, kalo gue tanya apa2 dia bisa dan mau jelasin, gue reimburse2 jg diurusin ama dia, ga pernah tuh gua harus nanya2 berkali2 "gimana nasibnya reimburse-an gua?", soalnya dia yg ngurusin semuanya dan gue terima beres.
apalagi dengan kondisi sekarang dimana Ig udah pake asuransi untuk urusan medical claim, harusnya akan lebih teratur lagi.

sedangkan PE ini termasuk tipe company yg bikin elo males deh mo reimburse2.
gue kadang mikir mendingan ga usah direimburse lah soalnya kadang2 setelah ngajuin reimburse malah tambah pusing kalo tau2 di suatu hari yg cerah di saat elo lagi sibuk kerja di kantor/client mikirin project, tiba2 ditelp sama si ibu HR (gua ga tau jabatan dia HR atau GA atau apa sih, ga jelas), trus elo diomel2in karena ngisi formnya salah atau ada dokumen yang kurang, duh gimana ga bete.

atau di suatu hari laen yg cerah jg dimana elo lagi nganggur trus tiba2 keinget "eh iya ya, kayanya 2bln yg lalu gue ada ajuin reimburse deh, gimana kabarnya tuh ya? telp si ibu HR ahhh"
dengan riang gembira (boong sih, gue tiap kali mo telp dia bawaannya deg2an, hahaha) elo pijit tuh nomor telp kantor yg disana, tempat si ibu bermukim.
dengan riang gembira juga elo nanya soal nasib reimburse-an sama si ibu (ini juga boong, tiap kali ngomong ama dia mah gue pake nada takut2, hahaha), sampe akhirnya dia menjawab dengan nada super ketus binti jutek.
.m.a.l.e.s. .l.a.h.

gua sih ga berusaha menyampaikan bahwa PE tuh jelek, dibanding Ig, mentang2 gue mo balik kesana :p
tapi ini kenyataan, yg bukan cuma gua doang yg menyadari, tapi semua karyawan PE deh kayanya, termasuk bos2 kecil gue :p

waktu ngobrol2 sama salah satu bos kecil kemaren, gue sempet nyampein bahwa menurut gua PE ini yg harus dibenahi pertama2 management HR-nya.
and he agreed.
dia juga paham banget soal urusan surat2 karyawan yg ga jelas yg kadang bikin dia bingung juga.
sebenernya bukan cuma soal urusan surat2 aja, tapi soal peraturan jg ga pernah jelas.

selama gue di PE (gue ulang lagi ya, 3,5 taon!), sampe dengan gue mo resign ke-2 kalinya ini, gue gak tau pasti masa percobaan itu berapa lama, dan kapan seseorang punya jatah cuti.
kalo dari yg gue denger2, probation itu 6bln. ok.
kalo dari yg gue denger2 lagi, kita punya cuti setelah 1 taon kerja. ok.
ga tau deh bener apa gak-nya mah :p
trus kapan bisa mulai reimburse2, ini jg gue kagak ngarti. apakah setelah lulus probation atau setelah lewat dari 1 taon juga? entahlah.

mungkin ada yg mikir, "yah mustinya elo tanya dong sama si ibu HR elo soal peraturan2 kaya gini".
gua sih terus terang males mo nanya2 ginian ke dia.
pertama, karena dia orangnya mood2an, kalo moodnya lagi bagus dia bisa maniissss banget, tapi kalo moodnya jelek (dan ini yg lebih dominan), ngeri dah ngobrol sama dia.
kedua, gua udah pernah coba tanya soal peraturan reimburse sama dia, waktu itu mood-nya lagi bagus jd dengan baik hatinya dia jelasin ke gua.
tapi berhub emang nih company ga punya peraturan baku, apa yg dia sampein jg kadang ga lengkap, kadang ga valid dan kesannya bisa berubah sewaktu2, haiyahhh..

soal medical cover, bos2 kecil gua jg setuju, tapi mereka jg ga bisa berbuat apa2 krn emang udah kaya gitu sih caranya yg diterapin di PE.
jd mereka cuma bisa nyaranin supaya dari gaji kita sisihkan lagi untuk ikut asuransi sendiri.
hmm...bener sih, tapi terus berarti hak karyawan untuk dapet perlindungan medis ga ada dong?

gua kemaren baru baca2 lagi postingan gue soal sebelnya gua sama management HR di PE, gara2 aryanto leave comment disitu :p.
jd gua baru inget lagi. soalnya terus terang skrg gua lagi berasa baik2 aja di PE, ga pake mikirin gitu2an sih, soalnya emang kalo dipikirin makin bikin bete doang.

waktu gua ngobrol2 sama ex bos malaysia dan ex bos bawel, ada satu hal yg sama yg mereka sampaikan (ada beberapa hal yg sama sih, ini salah satunya).

the company now has changed. (si big boss) way of thinking has changed.
he has now understand and realized that his main asset is his people, his staff, so he learn to respect and appreciate the staff more.

sebenernya dari dulu juga si big boss itu udah sadar sih asset dia adalah karyawan, jadi dulu kadang2 dia suka tiba2 ngomong ke salah satu team "hey, you've done a very great job, thanks!", atau dia sering ngomong "I am here to please you all", tapi tetep aja dalam prakteknya dia ga terlalu mikirin masalah kesejahteraan karyawan juga, kesejahteraan materi dan rohani.
dulu mah sering banget dia ngomel2 dan maki2 karyawan (untungnya gua ga pernah kena), skrg udah gak lagi (KATANYA! gue kan blom liat sendiri :p).
dan dia juga sadar bahwa karyawan punya hak yg harus dipenuhi company, makanya dia pake asuransi skrg, biar karyawannya puas dan company juga ga pusing lagi ngurusin reimburse2-an gitu.

gua harap big boss PE bisa belajar hal yg sama.
soalnya bukan cuma 1 orang atau 2 orang yg udah gue denger ngeluh, buanyaaakkk banget. gak tau deh nyampe ke bos2 apa gak.
dan menurut gua, waktu karyawan resah dan merasa ga bisa dapet apa2 di company yg skrg, mostly mereka akan berusaha mencarinya di luar.

tadinya gua pikir, ya mungkin lebih susah deh ngatur kaya gitu2an di PE, soalnya PE tuh lebih gede dibanding Ig, jumlah karyawannya mungkin lebih dari 3x lipetnya jumlah karyawan Ig.
tapi kemudian temen gua bilang "harusnya company yg lebih gede itu yg lebih jelas dong peraturan dll-nya", hmm..iya juga sih.
yah, mungkin karena PE terlanjur berkembang jadi gede sebelom management HRnya dibenahin, jd udah terlanjur kusut skrg. sama deh ama jakarta :p. mo ngebenahinnya jg susah.

gua sih akan menyampaikan hal2 ini juga nanti ke big boss gue sebelom last day gue di PE, itu kalo dia masih mo ngomong ama gue yahhh..soalnya kayanya dia marah deh :p

last but not least, a little tips for you guys (you know who you are :p):
- kalo elo masih merasa elo masih punya future di PE, hang in there! jangan pusing ama masalah HR, cuma bikin bete doang.
mendingan kaya gue, yg penting kerjaan lancar, gaji lancar, hubungan ama bos ok, ya udah cukup lah.

- jangan nyerah dulu sebelom bener2 diusahain, jangan cari sesuatu yg baru di luar sana kecuali elo udah nyampein ke bos2 soal keluhan2 elo sampe berkali2 dan ga ada hasilnya juga.
iya iya, gua tau elo udah pernah ngomongin ke bos2 dan blom ada hasil, tapi baru 1x kali kan? nah coba lagi dong ;)

4 comments:

Aryanto Surtiadie said...

Ha, I want to be the first to comment.
Gw setuju banget Lin, gw aja sampe harus fotocopy kwitansi dan form reimburse gw, soalnya kalo kelamaan belom dapet, terus pas telpon ke ancol, ternyata dia bilang formnya ilang, nah lo...
Siapa yang tanggung jawab kalo gitu, maen enak aja bilang ilang, duit ratusan ribu hilang begitu saja. Sampai saat ini sih gw belom kebagian dibilang ilang, tapi sampe suatu saat nanti kebagian, gw akan laporin tuh, dan akan gw buat besar urusannya.
Soal HR atau GA, gw juga gak tau, tapi dia tuh bagian yang suka sunat-sunatin uang karyawan, jadi kalau kalau reimburse telat atau gak masuk ataupun telat absensi, maka uang kalian akan dipotong.
Menurut gw kalau uang reimburse medical itu sudah jadi hak karyawan toh, asal belum lewat 1 bulan gaji yah kasih aja, ngapain sih mesti ditahan-tahan ya gak. Katanya sih ditahan di nyonya boss, apakah benar? pengen deh sekali-kali tanya, eh ternyata bukan di nyonya, mampuslah dia gw buat nanti. hahaha. kapan sih pensiunnya beliau?

Shop and Rent said...

aryanto: hahaha, emosiong banget nih romannya, hihihi..

tenang coi, tenang...
emang udah kaya gitu tabiatnya :p

tapi kalo yg soal 'ditahan di nyonya big boss', gua ga pernah mikir kalo dia bohong sih, selama ini gua percaya2 aja.

yah, mungkin ada benernya jg, tapi mungkin ada kalanya jg dia yg kagak ngecek2 dokumen yg masuk dan jadi telat disubmit ke finance-nya.

yah, ga tau dah gua, tapi menurut opini personal gua, PE bisa hire HRD yg jauh lebih kompeten deh ;p

mamana felice said...

claim reimbursement sih buat gua itung2 nabung aja deh. gak usah diharepin keberadaannya. dibawa seneng aja kalo tau2 3 bulan kemudian dapet duit kaget yg sebenernya emang haknya kita. sebellll!!!

belum lagi masalah gaji telat. please deh ah... iya kalo kita2 sih alhamdulilah masih ada duit sampe akhir bulan, tp kalo yg laen yg gajinya pas2an gimana? yg ngarepin banget gaji masuk tepaat pada waktunya demi lekangsungan hidup sekeluarga. trus pas akhir bulan pas waktunya gajian harus bayar ini itu, beli susu anak, dll tapi gaji belum masuk juga ke rekening. gak mikir sampe kesitu kali yah mereka... apa karna gak pernah ngerasain gimana rasanya gak punya duit?

Shop and Rent said...

mamana felice: nah, iya, betul itu..kunci supaya ga bete ya kaya elo gitu, itung2 nabung aja, ga usah ngarep2 terlalu banyak, hahaha...

iya, soal gaji gue pikir jg gitu, kasian banget liat temen2 gue kemaren yg pas hari HARUSNYA gajian tapi ngecek2 dan blom ada duit masuk.
ada yg kena denda segala deh bayar listriknya, hmmpppfff...