baby

Friday, November 09, 2007

DSA-nya kiefe

semalem waktu gue nyampe rumah, kiefe lagi digendong ama BSnya.
lemes banget keliatannya.
udah 2 malem nih gue pulang dan nemuin kiefe kaya gitu, duh sedih banget liatnya.
jadi kangen sama ocehan2nya, sama gaya sibuknya kesana kemari, duh..moga2 si little clown itu cepet sembuh deh.

kemaren malem pas gue gendong koq rasanya kiefe panaaasss banget.
kira2 sama ama kemaren malemnya yg begitu diukur di tempat dokter ternyata 38 derajat celcius.

kita mo ngukur pake termometer yg di rumah tapi ga pernah berhasil, kiefenya ga bisa diem, ga betah dia, kalo yg di tempat dokter kan termometernya cuma ditempelin di jidatnya, ga lama udah dapet suhunya, enak banget keliatannya tuh termometer dipakenya.

kemaren dicobain lagi tuh termometer yg di rumah, tuh termometer ngaco deh kayanya, masa suhunya sampe 38 derajat lebih, trus masih naek2 lagi, naiknya cepet banget lagi, itu termometer apa jam yang pake detik sih? :p

sampe akhir2nya pas suhunya nunjukin 39,6 derajat dan belum bunyi juga *tanda ngukurnya selesai*, gue cabut aja deh.
ga tau cara pakenya yg salah atau termometernya yg kacao.

karena khawatir *dan karena dipesen2in ama emaknya kiefe juga*, akhirnya kiefe gue ajak ke dokter lagi kemaren.
waktu itu udah jam 7, hubby blom nyampe rumah, dokternya cuma praktek sampe jam 8, wah dag dig dug juga tuh keburu apa gaknya.

akhirnya gue sms-in si dokternya, minta dia tungguin dulu.
trus gue telp juga bagian reservasi siloam, disuruh dateng cepet2 sebelom jam 8.

jam 7.30 hubby nyampe rumah, langsung kita pegi ke RS.
pas udah deket RS, si dokternya telp, gue angkat dan langsung gue bilang 'udah deket nih dok...bentar ya dok' tanpa kasih kesempatan dia ngomong apa2, hehehe..
dia cuma bilang 'oo iya, iya bu..'

sampe tempat dokter jam 8 kurang dikiiittt banget, gue minta langsung masuk ruang praktek aja, ga usah ditimbang dan diukur panjangnya lagi, pan kemaren baru abis diukur juga :p
o ya, kiefe skrg 8,3kg dan 75cm, pdhal tanggal 16 Oktober waktu imun campak tuh 8,4kg & 73cm.
hmmm..kadang2 alat dan cara ngukur panjangnya perlu diragukan nih, hihihi..

setelah diperiksa sama dokter, dokternya bilang radangnya malah udah membaik koq, trus pas diukur jg suhunya kemaren tuh 37,2 derajat celcius, jd lebih rendah dibanding kemarennya sebenernya.

si dokter sempet nawarin *dengan pandangan prihatin krn sepertinya dia menganggap gue orangnya terlalu khawatiran, hehehe* apa kiefe mo dirawat aja kalo emang di rumah rasa2nya bingung dan susah untuk ngerawatnya?
kita bilang ga perlu deh, coba pantau di rumah dulu.

gue sempet tanya juga ada kemungkinan demam berdarah atau tipes gak?
soalnya demamnya naik turun, pagi-siang tuh dia ok2 aja, main kaya biasa katanya, begitu siang2an dikit apalagi malem2 mulai demam tinggi.
kata si dokter dia curiganya kiefe kena infeksi virus.
kalo infeksi virus biasanya demam akan naik turun 4 hari, baru setelah itu mulai reda.

dan kalopun kemaren itu mo dipaksain cek darah untuk tau tipes/demam berdarah apa gak, ga akan efektif, karena demamnya baru hari ke-3, jd pasti hasilnya negatif.
jadi si dokter cuma tulisin surat pengantar, dan pesen2in supaya kalo misalnya kiefe jumat malem masih ada demam, sabtu paginya langsung cek darah aja.

trus dikasih resep puyer lagi, obat panas + anti kejang, tapi yg ini obat keras, jd kalo ga bener2 perlu gak usah, cuma kalo suhunya diatas 38,5 aja baru dikasiin.
diresepin sekalian obat panas yg lewat dubur, buat stock aja kalo misalnya anaknya panas dan gak mo minum obat, obat itu bisa disimpen di lemari es dan tahan 1th.

keluar dari ruang dokter, di depan cashier-nya gue udah siap2 keluarin credit card.
trus si mbak yg di cashier-nya bilang '20rb bu'
hoh? ga salah denger nih? gue tanya lagi 'berapa?'
'20rb' *sambil senyum*

dengan agak bingung gue masukin lagi credit card-nya, keluarin uang 50rb-an.
akhirnya hubby yg tanya 'itu biaya dokternya kelupaan ya?'
'pediatric-nya free, pak'

ooo, mungkin karena kemaren kita baru dari sini jg dan ini konsultasi lanjutan kali yah.
gue pikir2, baek banget ya si dokter, hehehe...
baru kali ini gue periksa dokter di RS bayarnya kurang dari 100rb :D, biasanya mah minimal 170rb (150rb untuk pediatric, 20rb untuk biaya admin)

terima kasih ya dok, udah mo nungguin sampe kiefe nyampe dan udah kasih free :)

o ya, kali2 ada yg mo tau, DSA-nya kiefe namanya dr Erick Kahn, dokter full time di RS Siloam karawaci dan penanggung jawab NICU disitu.

orangnya baik, enak diajak konsultasi dan apa yang dia sampein biasanya sama dengan apa yg gue baca di buku2/website2, jd gue ga perlu bingung punya 2 sumber yang beda (promosi nih promosi, hihih)

5 comments:

Anonymous said...

Pake termometer yg ditempel di telinga ajah.. cuma 2 detik tapi harganya 6x termometer biasa hehee..

Anonymous said...

Bu,
gimana Kiefe ? dah sembuh ?

tau gak isi puyer nya apa aja ? ada rinciannya gak ? coba cek ulang dulu ke medicastore.com ... jangan2 ada salah satu obatnya yang efek sampingnya bikin lemes or ngantuk ...
soalnya paracetamol or tempra aja seringnya bikin anak ngantuk n keliatan lesu loh ...

kalo misalnya berani nih bu, coba deh, nggak usah kasih obat sama sekali ... kan dokternya juga bilang infeksi virus kan ? kalo virus itu bisa sembuh sendiri kok, tanpa obat ... yang penting kasih minum banyakan (air or susu or jus buah) dan kalo suhunya berasa agak panas kompres / mandikan dengan air hangat ...

moga2 cepat sembuh ya Kiefe nya ...

~ jessie ~ said...

Wah.. mau tuh dokter kayak begitu. Dokternya vinn galak boo... kalo ditanya-tanya suka jawabnya ga enak gitu sambil mukanya ga pake senyum. Kita yg mo nanya kan jadi segen, padahal kebelet tanya jg karena ga tau. Udah gitu kl anaknya sakit, mamanya suka dimarah2in. Tambah sebel lagi kan? Udah bingung karena anaknya sakit, masih dimarah2in pula. Kiefe-nya udah sembuh?

ikho said...

fer,
kiefe udah sembuh? cerita2 dong... gue doain ya kiefe udah ceria spt dulu lagi..

Shop and Rent said...

to all: thanks yaaa, kiefe udah sembuh skrg, udah ceria lagi, hehehe..

mamana clo: kayanya emang perlu beli kaya gitu ya biar lebih gampang.

by n: aku ga berani bu, takut kejang kalo panas terlalu tinggi, tapi pikir2 emang kalo virus sih percuma dikasih obat juga, hmm...

jessie: ih bete amat DSA kaya gitu, ganti aja lageeeee *ngomporin*

ikho: udah mel, thanks :), udah mulai menebar senyum terus, hehehe..