baby

Thursday, November 08, 2007

kisah di balik godaan

beberapa bulan setelah gue resign dari Iguana (Ig) dan masuk ke company ini (PE), CTO Ig pada waktu itu (skrg udah ex) mulai approach gue untuk balik lagi ke Ig.
waktu itu sih gue dengan mantapnya menolak tawaran2 itu, dan gue sampein alesan2 gue *sampe cape binti bosen ngulang2 kata2 yg sama2 mulu*, tapi somehow tuh orang keukeuh nawarin lagi nawarin lagi.

setiap kali dia ngajak ketemuan, gue udah tau pasti dia niat nawarin gue balik, walopun tiap kali ngajak ketemu cuma ngomong 'eh ketemu yuk, kita ngobrol2, udah lama ga chit chat nih'.
dan kurang ajarnya gue, walopun gue udah tau dia punya 'niat terselubung', tetep aja biasanya gue hayu-in tuh ajakan ketemuan.
soalnya tiap kali ketemuan tuh biasanya di TA. sambil dinner. dia yg bayar. asik kan? hahahaha...
gue sih asik makan plus dengerin omongan dia aja, tar begitu kenyang gantian gue yg ngomong *lagi!* alesan2 kenapa gue ga tertarik sama offernya.

bukan cuma Ig yg pernah kasih offer, ada 2 atau 3 Content Provider laen (competitornya Ig) juga ngasih tawaran ke gue, tapi tawarannya ga pernah bener2 menarik.

setelah si CTO Ig itu akhirnya resign untuk kuliah lagi di singapore, frekuensi tawaran balik dari Ig mulai mereda.
sampe akhirnya mulai beberapa bulan yg lalu, eks bos gue yg paling bawel mulai gantian approach dan nawarin gua balik.
gua sampein hal2 yg dulu gua sampein ke ex CTO.
ada deh 2 atau 3 kali terulang kejadian yg sama (dia nawarin balik, gua nyampein hal2 yg itu2 jg).

terakhir dia nanya ke gue itu kira2 3 atau 4bln yg lalu, dia bilang ex boss malaysia bakal dateng ke Ig untuk bantuin team technical disini, dan si ex bos malaysia itu minta orang untuk bantuin dia.
si bos bawel bilang si ex bos malaysia itu secara spesifik request gua.
gua ga terpengaruh. gue masih ga tertarik sama tawaran itu.

minggu lalu, gantian si ex bos malaysia yg approach gua.
dia jelasin kalo dia lagi ngerjain project gede buat Ig, dan dia butuh orang buat dampingin, krn dia disini cuma bantuin doang, rencananya paling 6 bulanan, abis itu dia mo lepas, dan kalo ga ada orang yg dampingin selama dia ngerjain project, bisa2 dia ga lepas2 nanti.
sampe situ gua masih blom tertarik.

sampe kemudian kita ngomongin angka2 dan benefit2.
terus terang gua suprised.

soalnya seperti gua pernah singgung sekilas di salah satu postingan gua, tiap kali ex CTO Ig approach gua, gua akhirnya mengajukan terms & condition yang (menurut gua) agak kurang ajar, hihihi...
contohnya salary, gue bilang kalo dia berani tawarin gua 3 atau 4 kali dari gaji gua waktu itu (gaji awal gua di PE), mungkin gua akan tertarik dan mulai consider.
waktu itu dia cuma ketawa2 getir, hehehe..

emang ga make sense sih request gue, dari gaji sekian minta lompat 3 atau 4 kali :p
tapi gue emang sengaja sih waktu itu. gua mo menimbulkan kesan bahwa gua emang ga tertarik, kecuali kalo dia makan umpan gue (bener2 nawarin 3 atau 4 kali), ya baru gue pikirin deh, pusingnya belakangan ajah, hehehe..

jadi agak mengejutkan buat gue ketika skrg Ig nawarin angka yg cukup tinggi.
emang sih ga sampe 3 kalinya gaji gua skrg (dipikir2 kalo gua masih minta 3x-nya gaji gua skrg gua keterlaluan banget).
ditambah dengan benefit2 laennya, tawaran itu jadi irresistable buat gua.

dari situlah kebingungan gua dimulai.
di satu sisi tawaran itu menarik banget buat gua, disisi laen gue ga enak ama bos2 gue, mereka udah baeeekk banget sama gue, dan gue jg lagi berasa ok2 aja di PE, mungkin bisa dibilang gue skrg ada di 'comfort zone'.

pusing deh mikirinnya, tergiur banget dengan tawaran Ig, tapi bingung musti ngomong gimana sama bos.
setelah berhari2 bingung, konsultasi dengan hubby dan beberapa temen ex Ig yang gua hargai pendapatnya dan gua tau mereka bisa keep hal ini buat diri mereka sendiri *for the time being, karena gua blom publish ke temen2 gue yg laen*, tanya2 soal kondisi dan prospek Ig ke beberapa orang, akhirnya gua mengambil keputusan untuk ngambil tawaran itu.

as pathetic as it may sound, reason utama gua ngambil tawaran ini adalah karena offernya yg emang jauh lebih tinggi dari yg gua dapet skrg.
seumur2 gua ga pernah pindah kerja karena gaji, baru kali ini aja.

keputusan ini pun jadi berat banget buat gua karena kerjaan gua disini masih ok2 aja, ga sampe bikin bete banget, bos2 gua jg baek2 banget sama gua, bonus yg gua terima taon ini lumayan banget, kenaikan gaji juga lumayan banget, intinya mah kalo aja tawaran itu cuma beda sedikit dari yg gua dapet skrg, gak mungkin gua tergiur.
tapi tawarannya memang tinggi, dan gua tau I can do a lot with the extra rups that I'm going to get.

gua bisa bayar cicilan rumah sehingga bisa lunas lebih cepet.
gua bisa nyimpen duit buat DP dan cicil mobil pribadi (udah lama gua dan hubby pingin punya mobil sendiri, tapi blom kesampean)
gua bisa save uangnya buat biaya pendidikan kiefe nantinya (yg mana skrg ini pendidikan anak2 tuh muahal banget)
gua bisa save uangnya jadi tambahan buat dana pensiun dini gua nanti, hehehe..

you can call me materialistis, tapi gua rasa gua cuma berusaha realistis dan meninggalkan idealisme *membela diri nih :p*.
gua menyadari dengan adanya anak, orientasi dan pikiran gua jg jadi berubah.
kalo dulu gua kerja untuk kepuasan pribadi dan membuktikan kemampuan diri sendiri, kalo skrg gua masih kerja (dan jadi working mom), itu karena emang gua masih harus kerja supaya bisa hidup dengan lebih layak, gua emang butuh uangnya, so kalo skrg ada yg nawarin lebih tinggi masa iya ga gua ambil kesempatan itu?

ga gampang mengambil keputusan ini karena sedikit banyak melanggar nurani gua.
gua berasa ga enak banget sama bos2 gua yg udah baek banget sama gua.
gua ga seneng ngecewain orang, dan keluarnya gua kali ini pastinya bikin big boss gua (dan mungkin bos2 gua yg laennya) kecewa banget banget, karena dia udah menaruh harapannya ke gua.
gua merasa shallow karena meninggalkan loyalitas ke orang yg udah baek banget dan ngasih yg terbaik buat gua, cuma gara2 uang :p

hmmmmpppfff, decision has to be made and I've made one.

aih, gue kaya orang kurang kerjaan ya.
dari PE pindah ke Ig pindah ke PE lagi dan skrg mo pindah ke Ig lagi :p

mungkin harusnya PE sama Ig merger aja :p
eh tapi tetep harus ngasih gaji sendiri2 ya ke gue, hehehe...

9 comments:

mamana felice said...

hidup matre!!!

hidup matre!!!

ya iyalah, bu. kalo gak matre gimana bisa hidup?

hehehehe....

peace!

Shop and Rent said...

mamana felice: hahaha..tenang, tenang..
koq jadi situ yg semangat sih? :p

ga matre ga bisa hidup? bisa kaleeee, cuma lebih susah payah aja, hihihi..

Anonymous said...

lies your loyalty in your future not in one's company except your own hehehe :)

Shop and Rent said...

goenw: that's a good one!
bener...bener...

thanks for sharing the thought, om, hehehe...

MarvelLicia corner said...

setiap orang berhak untuk meminta & mendapatkan yang lebih baik... tergantung yang diatas ngasi apa ngga ya kan ya...? hihihi... kalo pas dikasi tapi ga diambil yaaa... styupidnya si orang tulll gaaa... hueheheh..... *kaya gue nihh.. styupidnya orang wuahahahahaha... sigh*

Shop and Rent said...

ariany: hihi, gue malah ga pernah mikir bakal jadi kaya gini sih akhirnya...

aih ga usah menyesali diri gitu, elo kan lagi happy2nya sama your le petit prince toh? ;)

MarvelLicia corner said...

hepi bangeeettt..... tapi lebih hepi kalo ga usah mikirin 'itu' hihihi.....

Aryanto Surtiadie said...

wah matre kayaknya nggak deh, emang rumah dan mobil dah jadi kebutuhan primer kok sekarang. Memang mesti gitu Lin hidup ini UUD (Ujung-Ujungnya Duit).

Gw juga matre kok, mau gw kalo gajinya juga bisa 2x 3x. <*Mudah-Mudahan dibaca sama salah satu petinggi PE*> siapa sih yang gak suka duit.

Shop and Rent said...

ariany: ya udah ga usah dipikirin, hahaha.. *enak aja gue ngomong*

aryanto: ya gitu deh, apalagi elo jg udah berkeluarga, sama ama gue, orientasi pasti berubah, terlebih lagi elo kepala keluarga, jd gue ngerti dahhh..