baby

Monday, September 18, 2006

seni meng-entertain customer

16 Sept 2006

hari ini terpaksa masuk kerja, krn dari sisi client gue, semua urusan paper work baru beres kemaren malem, jd orang technical mereka baru mo kerjain hari ini, kurang kerjaan banget ya, pdhal kalo dibikin fleksibel kan ga ada yg repot hari ini, duh!

tadi pagi di jalan temen gue yg jadi project manager ini bilang kalo PIC client gue kemaren cerita sama dia, vendor yg sebelomnya itu bisa survive karena mereka kuat di entertainnya, kerjaannya meng-entertain orang2 technical sang client.
gue kira2 ngerti lah kenapa gue diceritain itu, krn emang gue termasuk salah satu yg "mungkin" harusnya sering2 baek2 sama orang2 technical si client, berhub gue yg onsite setiap hari disana...
cuma, ya gitulah gue, gue sampe skrg ga punya sense untuk meng-entertain client.

bukannya gue ga ngerti sih tentang entertain2 itu, gue ngerti koq, gue cuma ga tau kenapa hal itu jadi penting.
dan mungkin jg karena gue terbiasa berpikir secara technical (yg lurus2 aja), gue ga pernah mikir ke arah sana, jd kalo selama ini kayanya mo ngapa2in tuh lama bener, gue ngerti kalo itu krn tuh orang yg bersangkutan sibuk berat, dapet request sana-sini, dan pada saatnya nanti jg dikerjain koq apa yg gue butuhin. toh gue jg terbiasa jd orang yg dikejar2 orang2 laen dulu untuk urusan kerjaan, dan gue selalu mikir mereka mo baek2in gue jg percuma, krn gue biasanya ngerjainnya ya secara fair, yg urgent duluan, atau yg requestnya masuk duluan atau yg gampang duluan, hehehe...
jadi mo elo traktir gue jg ga pengaruh tuh kayanya ke urutan kerjaan gue, krn gue rasa kalo ada yg traktir2 gue trus jadi gue duluin kerjaan tuh orang, apa yg laennya ga mencak2 ntarnya....
plus gue terbiasa berpikir kalo urusan backend si client adalah urusan si client, yg penting dari sisi gue beres, kalo ke belakangnya blom beres ya bukan masalah gue itu mah :p (agak2 ga bener sih, hehehe)

dan lagi, entertain2 kan artinya keluar modal sendiri dulu toh, trus abis itu (sukur2 bisa) reimburse ke kantor, dimana kantor gue skrg ini adalah tipe kantor yg bikin elo males deh mo reimburse2 :p
tapi itu sih alasan minor lah, alasan utamanya ya lebih karena gue kurang sensitif untuk melihat/merasa kalo PIC gue itu butuh dientertain baru bisa jadi cepet tuh kerjaan, hmmm....

sebenernya masalah entertain bukan sama sekali blank sih buat gue, gue jg toh pernah ngikut temen2 marketing gue yg biasanya ngajakin keluar client2/partner2...
tapi inisiatif sendiri untuk keluar ngajakin client2/partner2 blom pernah terlintas di benak gue deh kayanya.
kalo entertain team sendiri sih malah pernah, dan gue rasa emang itu yg penting...alesan gue traktir anggota team gue biasanya krn gue merasa mereka udah kerja gila2an (kalo pas ada project gede dengan tight deadline), atau kalo gue merasa mereka lagi bingung nih sama kondisi kantor, disaat itulah gue ajak mereka keluar sambil ngobrol2.
jadi lebih ke arah apresiasi, gue menghargai apa yg SUDAH mereka kerjakan, bukannya gue traktir2 mereka krn gue mengharap mereka AKAN mengerjakan.

entahlah, mungkin pola pikir gue terlalu technical baku, mungkin udah saatnya berubah dan lebih melatih sense ya, apalagi kalo gue akan banyak berurusan langsung sama client/partner.
kenapa sih orang ga bisa lurus2 aja metode kerjanya, lu kerja dulu lah tar baru terima apresiasi :p

tapi gue pikir2, bisa jadi karena ga banyak orang yg mikir untuk kasih apresiasi, banyak jg orang yg take it for granted...
oke elo udah kerja bagus, terima kasih ya....udah, gitu doang, pdhal mungkin emang mereka ngarepin yg namanya sedikit apresiasi lebih dari ucapan terima kasih.
dan krn mereka takut kejadiannya kaya gitu (udah dikerjain/dibantuin) akhir2nya ga dapet apa2, mendingan mereka tahan2 sambil nunggu dapet apa2 dulu baru dikerjain.
tapi kalo caranya kaya gitu mah berarti mereka ngerjainnya ga tulus ya :p, ah tau ahhh...elaaappp...

No comments: