baby

Tuesday, August 14, 2007

bedanya di-interview dan meng-interview

di-interview: lagi liat2 lowongan

dibutuhkan Programmer. Syarat2: max. 30 th, Pria.

bleeeehhhhh……

meng-interview: lagi liat2 CV

hmmm...ce ya? hmmm....
duh, tar susah lagi disuruh2 pulang malem...
duh, tar susah lagi disuruh2 kerja malem...
duh, tar bukannya bantuin gue malah ngerepotin gue akhir2nya kalo disuruh ke client tapi dia ga mao atau ga bisa...
cari programmer co aja aaaahhhh...

di-interview: malem hari sebelomnya

hmm..besok pake baju apa ya?
kira2 ditanya apa ya? musti jawab apa ya? kantornya kaya apa ya?
*pikiran mengawang2 sambil agak deg2an dan excited ngebayangin interview besok*

meng-interview: malem hari sebelomnya

besok ada janji mo ke client mana ya? hmm...ada kerjaan apa ya?
ohhh...besok ada janji mo nginterview orang pula! duh..males deeeehhh....

di-interview: saat interview

interviewer: gimana kalo misalnya kamu harus pulang malem2? sabtu/minggu jg kadang2 harus ke kantor loh kalo ada masalah urgent
jawab: ya gak pa2 sih, ga tiap saat begitu toh?

atau

interviewer: sebenernya saya prefer co sih, soalnya kalo ce kaya kamu gini kasian, kerjaannya berat soalnya
jawab: (senyum2 doang, dalem ati: yeeee, jangan meng-underestimate gitu dong ahhh)

meng-interview: saat interview

tanya: gimana kalo misalnya kamu harus pulang malem2? sabtu/minggu jg kadang2 harus ke kantor kalo ada masalah urgent
candidate: ya gak pa2 sih, ga tiap saat begitu toh?
tanya: (hmmm...beneran ga nih ngejawabnya? serius ga nih? tar udah diterima aja ngeluh2 lagi kalo harus pulang malem2 *mikir curiga*)

atau

tanya: sebenernya saya prefer co sih, soalnya kalo ce kadang agak repot, kerjaannya terlalu mobile dan sering harus pulang malem, kamu rumahnya jauh pula, tar ada masalah ga kira2?
jawab: hmm...gak lah, gak kenapa2 koq, bisa...
tanya: (hmmm...beneran ga nih ngejawabnya? serius ga nih? tar udah diterima aja ngeluh2 lagi kalo harus pulang malem2 *masih curiga*)

di-interview: kelar interview

huh...ya terserah lah kalo emang ga percaya gue bisa kerja rajin dan ga terlalu masalahin jam kerja.

meng-interview: kelar interview

hmmm...gimana yaaaa...ce nih...hmm..bagusnya direkomen ke boss ga ya....hmmmmmm....

--------------------------------------------------------------------------------

hihihih, itulah pengalaman gue setelah meng-interview dan mendapat beberapa pelamar ce :D
tiba2 jadi inget sama pengalaman gue sendiri waktu dulu masih dalam posisi yg di-interview :D

tapi tetep aja gue ga bisa sepenuh hati percaya sih kalo pelamar2 ce itu bisa kuat bertahan di kerjaan kaya gue gini (bukan meremehkan, cuma khawatir aja), jd pada akhirnya gue cuma interview dan hire 1 orang ce, sisanya surat lamaran dan CVnya nganggur tuh, gue malah ngeliat dan manggil interview yang co2...

hehehhee, maap deehhh...

btw, gue hari ini ditanya 3 orang *apa malah 4 orang deh* dengan inti pertanyaan yg sama.

mereka: eh denger2 team elo ada 3 orang baru?
gue: yup
mereka: koq ga disuruh ke ancol aja sih? Kenapa ditempatin di menara Batavia? Disuruh ke ancol aja lah…tar keenakan di menara Batavia ga mau lagi disuruh ke ancol
gue: di ancol tuh ga ada PC, mo ngapain mereka disana? Trus kalo di ancol, yg mo ngajar2in mereka siapa? Semua pada langsung ke client koq, jarang ke kantor, nah gue lagi ga bisa ke ancol soalnya masih ada project disini, makanya dititipin di Batavia, selaen ada pinjeman PC juga bisa gue sempetin mampir kesana ngajar2in mereka. Tar kalo udah pada dapet notebook jg pada ke ancol koq. Lagian kerjaan kita kan sebenernya jarang di kantor, paling ke kantor Cuma ngabsen doang. Ya musti mao lah mereka ke ancol, mereka jg udah pernah koq interview ama bos di ancol.

waktu orang pertama yg nanya sih gue masih lumayan biasa lah ngejawabnya, walopun udah mulai berasa ga nyaman jg karena hari sebelomnya team gue yg laen juga baru nanyain hal yg sama, dan gue bingung aja gitu napa sih orang2 ini….

Begitu orang ke-2 dan berikutnya nanyain mulai deh gue bete dan jawabnya agak2 esmosi dikit….
Lagian gue ga ngerti dehhhh, emang napahhh siiihhhhh??
Heran dehhhh…
Mr. Sirikawan aja semuanya :p

2 comments:

Anonymous said...

Gimana kalo pertanyaannya jadi 'bagaimana menurut kamu kalau pada saat mengejar dateline kamu harus kerja 24-7 ?'
he.he.he...
sebetulnya banyak juga loh cewek perkasa yang dengan gagah berani bisa pulang sendiri malam2 tanpa komplain ... emangnya kita doang.. ha.ha.ha....

btw, kayaknya emang udah tradisi deh kalo orang tuh pengennya orang baru ngerasain hal yang jauh lebih nggak enak dibanding saat dia masuk dulu ... makanya perploncoan makin lama makin gak bener aja deh.

Shop and Rent said...

By N: hahaha..iya sih, pasti banyak jg ce perkasa yg bisa tahan di kerjaan kaya gini, tapi nyortirnya itu yg susah buu...kecuali kalo udah kenal/temen sendiri, lebih yakin lahh...

gak tau tuh, heran deh pada sirik aja bawaannya, ih...