baby

Monday, March 03, 2008

DETOX -- no more

06.30: minum perasan 7 buah jeruk nipis
08.00: makan pepaya + jeruk
10.00: makan pepaya
12.00: makan nasi merah + tumis jamur + salad
15.00: makan apel
18.00: makan pisang

hihihihi, akhirnya kami nyerah juga...
ternyata gak tahan bo makan ga pake bumbu dapur sama sekali :p

puncaknya terjadi hari sabtu malam yg lalu, hubby duluan sih yg dah malessss banget ngebayangin menu lunch.
gue yg tadinya masih berusaha menyemangati akhirnya nyerah jg waktu ngebayangin makanan yg enak2 sementara yg harus kami makan ga ada rasanya, hahaha...

so akhirnya kami membuat keputusan untuk melanggar aturan :p, no more detox...at least no more yg sesuai panduan itu.

mulai hari minggu dst pola makan kami sih tetap sama, tapi di jam lunch kami membuat pemberontakan besar2an, hahahaha...
menu lunch kami hari minggu yg lalu adalah orek tempe dan tumis sawi, menu lunch kami hari ini adalah tumis jamur dan salad pake thousand island beneran, hihihi...

apakah masih bisa dibilang detox? hmm...ngga deh, karena pelanggarannya terlalu banyak :p

sebenernya kalo diinget2 lagi, kenapa sih gue memutuskan untuk ikut program detox ini kemaren dulu?

pertama, karena gue mo menemani hubby, yg walopun masih muda tapi sering ngeluh cepet cape, badan lemes, leher kaku, gitu2 deh.
gue berharap dengan pola hidup sehat hubby bisa jadi lebih sehat juga.

kedua, waktu seminar, salah satu pembicara (yg kena 3 jenis kanker) cerita, dulu waktu dia kuliah di luar dia dah pernah denger mengenai detox ini.
tapi waktu itu dia berasa sehat dan ga ada masalah, makanya dia pikir ga perlu lah dia ikut program itu segala.
sampe akhirnya dia kena 3 kanker secara beruntun, baru deh dia keinget lagi sama pola hidup sehat yg pernah dia denger dulu.

nah waktu denger dia ngomong gitu, gua mikir...apa yg dia lakukan dulu itu mah hal yg lazim deh buat kebanyakan orang, or at least buat gua deh.
gue sih modelnya yg kalo ga terpaksa mah ngga kepengen deh melakukan hal yg berat2 :p
jd gua pikir, gua ngga mau sampe harus ngerasain kaya dia dulu, dikasih sakit berat dulu baru keinget deh harus jaga kesehatan.

gua pernah juga mikir sih, ah orang yg makannya biasa2 aja, makan daging tiap hari jg gak kenapa2 tuh, sebaliknya vegetarian juga kalo emang dah waktunya sakit mah ya sakit aja.
gua termasuk tipe yg percaya HE knows more than us, jadi walopun kita dah cegah gimana, kalo Tuhan mo kasih sakit ya sakit aja, mo ditarik pulang di usia masih muda dalam keadaan sehat ya bisa juga.

tapiiii, gua akhirnya memutuskan untuk berpikir gua mau menjalani hidup, seberapa lama yg Tuhan ijinkan, dengan tubuh yg sehat, bisa hidup seneng sama suami, maen sama anak2, dan salah satu cara gua mencapai itu ya dengan BERUSAHA menerapkan pola hidup yg lebih sehat.

kadang ada yg mikir (salah satunya alm mama dan daddy gua dulu), hidup mah cuma sekali, selagi bisa ya nikmati aja, mereka malah pesenin gua kalo buat makan mah jangan pelit2, kalo pengen apa ya makan aja, namanya buat diri sendiri koq.

tapi skrg setelah gua dewasa *taelaaa*, gua mikir lah, kalo gua seenak2nya aja makan ini itu, bener sih gua puas sekarang, tapi apa gua mao nanti dah agak tua jadi beban buat anak gua kalo guanya masih dikasih umur sama Tuhan tapi sakit2an.

pola hidup gua yg kemaren2 sih sebenernya emang ga terlalu parah dan mungkin aja masih ok dalam arti ga akan membawa penyakit serius, tapi kan katanya mencegah lebih baik daripada mengobati toh :D

tapi ternyata menjalani kehidupan seperti itu susaaaahh banget, bukan ga mungkin sih, tapi susaaaaahhh banget.
makanya waktu kemaren2 ada bbrp temen yg minta cara detoxnya, gua pake pesen2in ke mereka *testimonial :D*, ini tuh susah banget loh ngejalaninnya, jd kalo kira2 ngga sanggup ngejalanin program ini ya gpp, yg penting mungkin musti udah mikirin gimana caranya supaya hidup agak sedikit lebih sehat aja :D

so, skrg ini, walopun detox 21 hari kami gagal, tapi kami akan terus BERUSAHA menjalani pola hidup yg lebih sehat.

hasil perundingan sementara, konsumsi daging akan dikurangi, kalo dulunya tiap hari pasti ada menu daging, skrg ini max 2x seminggu lah.
mengurangi makanan yg manis2, berlemak, dll.
mengurangi snack2 dan minuman2 yg tidak sehat *hmmm, musti ingetin hubby jgn pernah minum kopi lagi nih*

itu dengan pengecualian sih, hihiih...
KECUALI ada special occasion seperti ada yg traktir :D, mertua gua dateng atau kami yg lagi pulang ke semarang (mertua gua penganut anti vegetarian :p), gitu2 deh.

sementara itu pola makan yg sejak detox kami terapkan akan kami COBA teruskan :D, sarapan buah, makan berat hanya 1x di waktu siang, dan makan terakhir adalah jam 6 (sayur/buah)
tapi makan siangnya sudah akan kembali bervariasi tentunya, hohohoho...

so so....sapa yg mo traktir gue skrg? *I'm waiting for my first special occasion, :))*

2 comments:

mamana felice said...

gagal gara2 siangnya gua nawarin empek2 bunga mas yah??? hahaha....

Shop and Rent said...

hahaha, kalo empek2 sih sampe skrg jg gue ga terlalu pengen, beratnya itu karena tiap hari gua sama laki gue becandaan makanan mulu, menyeret diri kami sendiri ke dalam pencobaan yg lebih dalam, hahahaha...