baby

Wednesday, December 13, 2006

bad habit

bad habit of Jakarta's people that I find annoying:

- buang sampah sembarangan
napa ya orang koq bisa dengan cueknya lempar2 sampah dari mobil, atau sambil jalan? hmm, menurut gue itu agak annoying...
cuma agak sih, soalnya ga terlalu pengaruh2 amat ke gue, kecuali kalo dia buang sampahnya di rumah gue kali yeee, hehehe...

gue sendiri gak tau kenapa tapi gue sih ga betah/merasa ga comfort mo buang2 barang sembarangan gitu, yg kecil sekalipun, misalnya tissue atau bahkan bungkus permen...kalo pas lagi ga nemu tong sampah ya biasanya tissue/bungkus permen itu akan bersarang di kantong baju atau di tas gue sampe saatnya pembersihan kantong dan tas tiba *pas nemu tempat sampah*, dan untuk sampah2 di tas, biasanya bisa berhari2 dia nginep disitu, pas lagi bersih2 tas baru deh gue buang, hehehe :D
yg kecil2 gitu aja mo dibuang sembarangan udah risih, apalagi yg gede2 kaya kertas, botol air mineral, gitu2....
hmmppphhh...

sebenernya gue sempet berpikir, kalo orang Jakarta pada akhirnya terbiasa buang sampah sembarangan itu ga sepenuhnya kesalahan mereka juga sih, soalnya gue skrg tau yg namanya Jakarta tuh minim sama tempat sampah umum!

contohnya di halte depan sebrang kantor gue, di halte TA dan di halte slipi jaya, ga ada tuh yg namanya tempat sampah, jd gue udah ngerasain tuh kemaren pas menjelang lebaran, sore2 abis makan kolak sambil nunggu bis, mo buang sampah ga ada tempat sampah, akhirnya tuh sampah gue bawa2 naek bis ke halte TA atau halte slipi jaya...
sampe situ, masih jg blom ada tempat sampah! terpaksa si sampah itu diajak pula naek B91 sampe ke kantor laki gue, baru deh gue ketemu tong sampah dan gue buang disitu.
blehhh, bayangin aja, orang yg mao2nya megang2in bungkusan ga kepake kaya gue gitu mungkin kan ga banyak, jd pada akhirnya gue ga bisa nyalahin orang2 yg buang sampah di jalan, abis ga disediain tempat sihhhh...

tapi tetep, buat gue itu suatu hal yg annoying, hmm..mungkin bukan annoying, tapi aneh :D, aneh aja koq orang betah ya dengan cueknya buang sampah *hihih, balik ke paragraph pertama lagi nih kayanya kalo diterusin :D*

- tingkat toleransinya kurang
berasa banget deh bedanya orang bule sama orang jakarta...
kalo pas lagi nunggu lift, kalo nunggunya barengan ama orang bule, begitu lift kebuka pasti gue akan disuruh masuk duluan *ladies first gitu ceritanya*, walopun dia yg udah nungguin dan mijit itu lift dari awalnya.
kalo orang Jakarta kebalikannya...mo gue yg udah nunggu duluan, mijit duluan bahkan kadang2 gue yg bedirinya paling deket sama lift, begitu lift kebuka ada aja orang *terutama co sih yg suka bikin gue kesel* yang nyerobot masup gitu, halaahhh...takkan lari lift dikejar deh mas :p

trus sejak hamil ini, gue jd mulai memperhatikan kebiasaan orang2 di bis, sejauh mana mereka mo bertoleransi sama ibu2 ndut bawa tas gede kaya gue...
ternyata selama 8 bulanan gue jadi ibu hamil yang naek bis *hmm, mungkin 3 bulan terakhir aja dink baru keliatan hamilnya*, kalo diandaikan gue naek turun bis itu udah 100 kali, kayanya kurang dari 20 kali gue ditawarin duduk sama orang, sisanya ya kebanyakan orang2 itu cuek2 sok ga liat aja kalo ada ibu hamil gendong tas gede lagi berdiri di depannya, terutama kalo di bis regular sih *non AC*

sebenernya walopun ini sangat annoying buat gue, lagi2 gue ga bisa nyalahin mereka, soalnya begitu elo nawarin tempat elo buat orang laen, bisa dipastikan elo akan berdiri sepanjang jalan sampe ke tempat tujuan, dan gue rasa orang2 *yg ga hamil sekalipun* males ya dijejer kaya ikan teri berdiri di bis desek2an, apalagi kalo bisnya ga AC, suempeekkk...

dan kalo gue ada di posisi mereka pun, rasa2nya gue jg akan melakukan hal yg sama :">, hmm..tapi ga tau jg dink, tergantung seberapa ndutnya si ibu hamil itu dan seberapa beratnya tas yg dia bawa, hiihi...
makanya gue salut banget kalo ada ce yang nawarin gue duduk gantiin dia di bis, ce gitu lohhh, yg co aja sok2 ga liat gitu, nah ini ce2 mo berkorban, akyu terharu :D

minggu lalu itu sempet ada 1 hari yg berkesan banget dan sebenernya harus diabadikan dalam sejarah gue naek turun bis, sayangnya gue lupa persisnya tanggal berapa :D
tapi hari itu bener2 istimewa...

pas gue pulang dari kantor, naek bis yang udah ga dapet duduk, tau2 ditawarin duduk sama ce muda gitu, berhubung bisnya ke tangerang dan gue cuma ngikut sampe slipi jaya, gue ga enak jg kalo ternyata itu ce mo turun di tangerang, kan kasian dia tar berdiri sampe tangerang, jd sempet gue tolak gitu, gue bilang gue deket koq, turun di slipi jaya, trus dia insist sambil bilang dia jg turun di slipi, ya sud, terima kasihhh :)

turun dari bis itu, naek bis laen yg lewatin TA, disitu lagi2 gue harus berdiri, tapi emang ga masalah krn deket banget koq dari slipi jaya ke TA tuh...tapiii, lagi2 gue ditawarin duduk sama ce muda jg *koq ce muda ya? kesannya gue dah tuaaaa :((*, cuma yah gitu, gue tolak lagi sambil bilang kalo gue turunnya deket banget koq.

turun di TA, naek B91, kali ini gue duduk di samping pak supir yang sedang bekerja...
kalo yg pernah naek B91, atau setidaknya pernah naek metromini serupa laennya, pasti tau di deket supir tuh ada 1 deret isi 2 bangku trus persis di belakangnya jg ada 1 deret isi 2 bangku jg..
nah pas gue awal2 naek sebenernya gue naek di deret yg di belakang itu, jd ga persis di sebelah supir, trus sama supirnya dibilangin mendingan duduk di depan aja, lebih lega kakinya, jd gue dengan nurutnya pindah deh, hehehe..dan ternyata emang bener sih, naro kakinya lebih gampang :D

nah pas gue mo turun, namanya jg penumpang teladan yahh, gue dah siap2 dulu dong beberapa meter sebelom nyampe ke tempat pemberhentian, pas gue baru mo bediri mo siap2 turun, supir itu tanya "mo turun di depan ya?", begitu gue iya-in, dia langsung bilang tar aja, ga usah berdiri dulu, tar kalo udah deket...

trus pas dia udah mulai berhenti baru deh dia bilang "disini kan?", walah, tumben2an ya ada supir B91 kaya gitu, pdhal B91 terkenal srabat srobotnya, berenti aja seringnya niat ga niat gitu...gue sampe terkagum2 waktu itu, trus baru deh gue bediri trus sambil jalan turun gue bilang "makasih ya pak"
hihihi, hari yg anehhhh...
makasih ke supir B91 gitu loooohh, huahahhaa..ga tau deh bakalan pernah kejadian lagi ga 10 taon mendatang *hiperbola* :D
tapi bener loh, gue aja takjub banget...kalo bilang makasih ke supir taxi, abang bajaj atau supir mikrolet sekalipun masih biasa aja, ini mah supir B91 coiiii...superb deh :D

halaahh, dari annoying habit jadi curhat supir B91 :))

ah udah ah, segitu aja, sebenernya yg agak mengganggu dan paling sering gue temuin cuma 2 itu sih.
balik kerja dulu ah, ngeblog mulu gimana mo beres kerjaan ;))

3 comments:

Anonymous said...

eh supir B91 batak bukan? atau malah jawa? *kok jd rasis gini hihih..*

Shop and Rent said...

hmm..mungkin orang tangerang kali sur ;))

Anonymous said...

Waaah ... tumben banget yak ada supir B91 yang baek gitu.

Menurut nyokap g (yang sudah lumayan berumur & banyak makan asam garam per-metro mini-an, supir yang paling sopan adalah supir metro mini jurusan Kota - Pademangan (lupa nomornya): soalnya sering kalo nyokap g turun, berhentinya agak lama & sama kondekturnya turunnya dibantuin (dipegangin).

Emang lah, yang namanya sopir & kondektur itu macem-macem, yang iseng megang-megang juga ada (sebagai balasan, g dorong mepet ke pintu) hehehehehe ...

*kok jadi survival guide dalam bis kota gini ...*