baby

Monday, February 25, 2008

radang tenggorokan

my little boy lagi batuk2 kering dan agak berdahak.

mulainya dari minggu lalu sih, hari senin malem pas mo bobo koq gue merasa mulutnya kiefe agak2 bau gimanaaa gitu ya...
tapi gue pikir mgkn cuma bau krn abis makan apa gitu kali *pdhal mah ga makan macem2 jg :p*, mgkn bentaran jg ilang.

selasa malemnya masih jg bau, sampe gue sikatin pake pasta gigi rasa strawberry loh (walopun sedikit banget), hihii...
kiefe sih emang skrg walopun giginya baru 3 *dah mo 4 nih, yg 1 dah ngintip2* tapi tiap malem gue adain acara sikat gigi *biasanya tanpa pasta gigi*, dengan harapan kiefe terbiasa dan ga susah sikat gigi nanti kalo giginya dah banyak *mudah2an yak*, jd kalo dibilang krn giginya kenapa2 trus mulutnya jd bau kayanya ngga deh.

dad-nya bilang jgn2 kiefe sakit maag, kalo sakit maag bisa bikin mulut bau jg katanya.
gua bingung lagi, emangnya baby bisa kena sakit maag ya?

trus rabu sore kiefe mulai demam, ga tinggi sih, tapi ya lumayan bikin tidurnya ga nyenyak, serba salah gitu kayanya.
sampe kamis paginya jg masih agak anget.

pagi itu nyampe kantor gue search soal mulut bau, plus konsultasi jg sama bu ei.
dari hasil googling, gue baru tau kalo panas dalem atau radang tenggorokan bisa menyebabkan bau mulut.

trus dari hasil ngobrol2 sama bu ei, disimpulkan kemungkinan kiefe kena radang tenggorokan.
emang sih dari hari2 sblmnya jg dah mulai batuk2, tapi kedengerannya ga serius, jd gue pikir cuma batuk iseng2 aja :p.

radang tenggorokan itu bisa karena bakteri atau bisa jg karena virus, gejalanya aja yg beda.
yg gue inget nih ya: bakteri ataupun virus sama2 bisa menyebabkan demam, tapi kalo bakteri biasanya demamnya tinggi dan bertahan sampe lebih dari 3hr. gue sendiri inget waktu kiefe sakit kemaren itu (yg ternyata karena virus), demamnya naek turun dan berhenti di hari ke-4.

so, gue memutuskan untuk mengamati demamnya kiefe, krn gue termasuk yg berprinsip dan berusaha supaya ga dikit2 bawa anak ke dokter ataupun dikasih obat.
puji Tuhan kamis malemnya demamnya kiefe dah ilang, sisa batuk2nya aja nih yg suka nongol sampe dengan pagi tadi.
gue dan BSnya kiefe jg dah ketularan nih, batuk2 plus agak sedikit pilek.
mudah2an kami semua segera sembuh deh.

sebagai referensi, ini hasil googling gue untuk radang tenggorokan (click here), mudah2an yg nulis ga marah ya blognya dilink tanpa ijin :)
mommynya kenneth jg baru ngepost soal radang tenggorokan tuh, bisa dibaca disini (gue link ya Lel)

4 comments:

MarvelLicia corner said...

iya fer, kapan hari marv juga gitu, kok berasanya rada2 bau mulut.. padahal bayi kan jarang bau mulut (kecuali kita kalo orang dewasa banyakan bau mulut hahahah) kayanya marv rada radang tenggorokan pas kemaren sakit tuh.. tapi gue kasi chi fungsan terus ama makan bubur yang pake tomat tuh loh...(kan vit c...) kayanya gara2 pileknya itu udah turun jadi radang. Kalo ke dokter pasti dikasi antibiotik deh... puji Tuhan juga, untungnya sembuh tanpa antibiotik.. kapan hari sakit di semarang dikasi antibiotik ama dokter :( duh.. ngga lagi deh...

Shop and Rent said...

ariany: iya, sebisa mungkin hindari obat2an kali yak.
tapi gue jg ga pernah makan obat2an cina tuh, pait sih, hihihi...

aku mauuu sup tomat, tapi lagi ga boleh makan garam, huaaaaa...

Anonymous said...

mudah2an kiefe cepet sembuh yaa...

Shop and Rent said...

leli: thank you..
koq gue-nya ga didoain jg supaya cepet sembuh? kekekek..